MalangPost - Wahyu Jadi Sekda

Senin, 13 Juli 2020

  Mengikuti :

Wahyu Jadi Sekda

Jumat, 29 Mei 2020, Dibaca : 1335 Kali

MALANG – Bupati Malang Drs. H. M Sanusi menujuk Dr. Ir. Wahyu Hidayat MM sebagai pelaksana tugas (plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang. Penunjukkan Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang ini, seiring dengan Ir Didik Budi Muljono yang pensiun pada 1 Juni 2020.
Penunjukkan Wahyu ditandai dengan SK Bupati Malang nomor 800/3764/35.07.201/2020 tanggal 28 Mei 2020. SK tersebut sudah diterima oleh Wahyu Jumat (29/2) kemarin. Jabatan Plt Sekda, akan mulai melekat pada tanggal 1 Juni nanti.


“Suratnya sudah saya teken. Pak Wahyu Hidayat yang menjadi Sekda,’’ kata Sanusi. Ditemui usai memberikan pembekalan dan pemantapan Kampung Tangguh kepada Muspika se-Kabupaten Malang, di Pendopo Jalan Agus Salim Kota Malang.
Sanusi mengatakan sesuai dengan SK yang sudah ditandatangani, Wahyu akan bekerja pada 1 Juni 2020 mendatang, sampai dengan tiga bulan ke depan.  “Masa jabatannya tiga bulan. Tetapi ketika nanti ada penunjukkan PJ (Pejabat) Sekda, maka jabatan Plt seketika berhenti,” jelas Sanusi.


Untuk penunjukkan PJ dijelaskan bapak empat anak ini, merupakan kewenangan Gubernur. Namun demikian Pemerintah Kabupaten Malang juga bisa mengusulkan nama.  “Kami usulkan Plt ini sebagai PJ. Tapi untuk PJ menunggu surat dari Gubernur. Kalau suratnya turun Selasa (2/6) mendatang, maka Plt pun lepas dan PJ langsung dilantik, kemudian mengerjakan tugasnya sebagai Sekda,’’ terangnya.


Alasan menunjuk Wahyu, pertimbangan pertama adalah usia Wahyu masih muda. Selain itu dinilai sebagai pegawai yang rajin dan cekatan, juga cepat tanggap dalam kegiatan serta selalu mendampingi Bupati setiap kegiatan. Ia berharap Wahyu mampu membuat perencanaan dengan baik, untuk menuju Kabupaten Malang lebih hebat.


Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, proses seleksi pejabat tinggi pratama tetap berjalan. Terlebih surat dari Mendagri terkait seleksi juga sudah turun. “Tetap sesuai jadwal dan tahapan. Kewenangan ada pada Pansel. Namun PJ dan Plt tetap bisa mendaftar,” urainya.
Terpisah Kepala DPKPCK Dr Ir Wahyu Hidayat MM membenarkan bahwa dirinya ditunjuk sebagai Plt Sekda Kabupaten Malang. Dia mengaku siap menjalankan amanah yang diberikan Bupati Malang.


Wahyu mengatakan SK terkait penunjukkan dirinya sebagai Plt baru diterima Jumat (29/5). Seuai SK dia melaksanakan tugas sebagai Sekda mulai 1 Juni 2020. “Tapi karena tanggal 1 libur nasional, praktis saya baru melaksanakan tugas sebagai Sekda Kabupaten Malang pada hari Selasa (2/6) mendatang,’’ ungkapnya.


Tahap pertama yang dilakukan adalah menghadap Bupati Malang untuk meminta pengarahan, supaya mampu menjalankan amanah dengan baik. Namun dia mengaku sudah memiliki bayangan tugas pertama yaitu menyusun Peraturan Bupati (Perbup) tentang New Normal Life. “Karena saat ini sedang pandemi Covid -19. PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) sudah tidak ada, yang diterapkan adalah New Normal Life. Untuk menerapkannya butuh acuan atau pedoman, sehingga pelaksanaannya nanti sudah siap,’’ bebernya.  Dengan ditunjuknya sebagai Plt Sekda, maka Wahyu harus merangkap jabatan. Yakni sebagai Kepala DPKPCK dan Sekda.(ira/agp)

Editor : Agung Priyo
Penulis : Ira Ravika