Hujan Lebat, Atap Gedung SD Ambruk



PROBOLINGGO - Hujat lebat disertai angin membuat atap gedung di sejumlah sekolah dasar di Kabupaten Probolinggo ambruk. Salah satunya di SDN Sumbersuko Kecamatan Dringu. Atap ruang kelas 3A di SDN Sumbersuko dikabarkan ambruk pada Jumat (9/2) malam. Sebelum atap gedung itu ambruk, pihak sekolah mengaku sudah mengantisipasi hal itu karena melihat kondisi genteng di ruang kelas tersebut miring.
"Jadi ambruknya ruang kelas ini pada waktu siswa sudah pulang," kata salah seorang guru SDN Sumbersuko, Kuswanto di lokasi, Selasa (13/2/2018).
Kuswanto menambahkan, kayu penyangga atap di ruang itu juga nyaris habis dimakan rayap sehingga tidak mampu menahan derasnya guyuran hujan. Untungnya ruang belajar 22 siswa-siswi yang menempati kelas itu telah dipindahkan ke ruang lainnya. Dengan ambruknya atap ruang tersebut, ruang kelas 3B juga tidak digunakan siswa untuk belajar. "Gedung sebelahnya juga dikosongkan takut ruangnya ikut ambruk juga," ujarnya.
Tak hanya di SDN Sumbersuko, tiga gedung di SDN Palang Besi 2 Kecamatan Lumbang ikut ambruk akibat hujan lebat dan angin kencang. Hal ini dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, Dewi Korina.
Menurut Dewi, ketiga gedung tersebut ambruk pada Senin (12/2/2018) sekitar pukul 04.30. "Berdasarkan keterangan Kepala Sekolah SDN Palang Besi 2, pada saat itu terjadi angin kencang dan hujan lebat," katanya.
Hujan lebat dan angin kencang membuat galvalum penyangga atap gedung tidak kuat menahan beban, yang kemudian mengakibatkan atap ketiga bangunan ambruk. Padahal gedung-gedung tersebut baru saja direnovasi, tepatnya di tahun 2012.
Ketiganya merupakan ruang kelas yang dipakai untuk menampung 76 siswa. Untuk sementara, proses belajar mengajar di sekolah tersebut pihaknya akan melalukan penyekatan pada tiga gedung yang tersisa agar bisa menjadi enam ruang belajar. "Jadi sementara siswa akan belajar di ruang yang ada. Atas kejadian ini kami akan berkoordinasi dengan BPBD untuk menangani tanggap darurat," tutupnya.(dtc/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :