Jember Dikukuhkan Kota Karnaval

 
JEMBER - Pemerintah pusat telah mengukuhkan Kabupaten Jember menjadi Kota Karnaval. Wakil Bupati Jember, Abdul Muqit Arief berharap itu jadi pengungkit tumbuhnya perekonomian dan datangnya investor ke Kabupaten Jember.
Kabupaten Jember ditetapkan menjadi Kota Karnaval melalui Surat Keputusan (SK) Menteri Pariwisata Menteri Pariwisata Arief Yahya menetapkan, medio Juli 2017. Penobatan Jember menjadi Kota Karnaval dilaksanakan di Jakarta beberapa pekan sebelum penyelenggaraan Jember Fashion Carnaval (JFC) XVI.
"Setiap kota harus ada ikon. Jember sebagai Kota Karnaval semoga bisa jadi trigger perekonomian Jember. Dengan dicanangkan menjadi Kota Karnaval, popularitas semakin meningkat, dan popularitas ini jadi pintu masuk. dengan semakin populer,”urainya. 
“Siapa tahu kemudian ada banyak pihak yang tertarik memajukan Jember, termasuk para investor," tambah Muqit. Ia memastikan sektor ekonomi kreatif akan dikembangkan Pemerintah Kabupaten Jember.
Presiden JFC Dynand Fariz bangga dengan penetapan Kota Karnaval tersebut. "Jember jadi satu-satunya di Indonesia, dan ini akan jadi inspirasi bagi kota lain," katanya. Penetapan Kota Karnaval, menurut Dynand, menunjukkan bahwa kreativitas bisa muncul dari mana saja. 
“Saya ingin Jember menjadi kota tambang. Tapi bukan tambang emas dan batu bara, melainkan kota tambang kreativitas. Ini beberapa tahun lalu pernah saya sampaikan ke rekan-rekan media, dan ternyata tambang ini telah menghasilkan satu karya,” ungkapnya.
Dynand menginginkan pendirian museum nasional kostum Indonesia. "Ini jadi kebutuhan Kota Karnaval. Kota Karnaval harus bersinergi dengan mendirikan museum sebagai tempat belajar dna studi banding. Museum ini harus dibangun di Jember, sebagai destinasi wisata juga," jelasnya.
Dynand sudah menyampaikan konsep museum tersebut kepada pemerintah. "Semakin cepat (terwujud) semakin baik, karena karya kami sudah ada, prestasi sudah ada," jelasnya, berharap pemerintah daerah tetap mendukung penyelenggaraan JFC berstandar nasional dan intenasional. (bj/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :