Polda Jatim Tahan Vanessa Angel


SURABAYA - Vanessa Angel ditahan Polda Jatim setelah menjalani pemeriksaan selama empat jam, Rabu (30/1). Artis yang     tersangkut kasus prostitusi online itu ditahan hingga 20 hari mendatang.
Kepastian penahanan  Vanessa Angel diungkap Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera.  Barung mengatakan, sebelum ditahan pihaknya sudah membereskan
administrasi penyidikan dan menerbitkan surat perintah penahanan.
"Maka dari itu, terhitung mulai 30 Januari 2019 Vanessa Angel yang kami panggil hari ini sebagai tersangka, resmi kami lakukan penahanan sesuai dengan syarat objektif," kata Barung di Mapolda Jatim.
Syarat objektif  yakni bahwa ancaman hukuman yang bersangkutan di atas lima tahun. Adapun alasan subjektif dari penyidik , Vanessa Angle dikhawatirkan menghilangkan barang bukti, melarikan diri dan mengulangi perbuatannya.
"Sesuai dengan keterbukaan informasi publik kami sampaikan bahwa secara resmi hari ini kami lakukan surat perintah penahanan dari tersangka saudara Vanessa," tutup Barung.
Seperti diberitakan sebelumnya Vanessa Angel ditetapkan sebagai tersangka lantaran terbukti mengeksplore dirinya sendiri melalui konten foto dan video porno yang dikirimkan ke muncikari untuk kegiatan prostitusi online.
Dugaannya, foto dan video tersebut digunakan untuk menggoda para calon pelanggannya. Atas perbuatannya itu, Vanessa Angel dikenakan pasal 27 ayat 1 UU ITE tentang kesusilaan.  
"Selama 20 hari ke depan kami akan melakukan penahanan (terhadap Vanessa Angel),” kata Barung Mangera.
Sementara itu pengusaha yang menjadi teman kencan artis Vanessa Angel bakal kembali menjalani pemeriksaan di Polda Jatim. Pria yang belakangan diketahui bernama Rian itu akan diperiksa sebagai saksi.
Direskrimsus Polda Jatim Kombes Akhmad Yusep Gunawan mengatakan, pemeriksaan terhadap teman kencan sudah dijadwalkan. Meski begitu, dia belum memastikan kapan waktu pemeriksaannya. "User (pengguna jasa prostitusi online) akan kami jadwalkan pemeriksaannya sebagai saksi-saksi terhadap VA," kata Yusep.
Yusep menambahkan pihaknya belum memastikan status hukum kepada pengguna jasa artis VA, apakah akan ditetapkan sebagai tersangka atau tidak. (jpg/van)

Berita Terkait

Berita Lainnya :