Redam Kontroversi, Patung Dewa Konco Ditutupi Kain


TUBAN - Beginilah kondisi terakhir patung Dewa Kongco Kwan Sing Tee Koen yang berada di halaman belakang klenteng Kwan Sing Bio (KSB) Tuban yang berada di jalan RE Martadinata, Kota Tuban, Minggu (6/8/2017). Patung dewa yang sempat menjadi viral di media sosial tersebut kini sudah tertutup dengan menggunakan kain putih dan tidak terlihat wujudnya lagi. Penutupan patung dengan kain putih itu baru berhasil setelah 24 jam lebih oleh Tim Vertikal dari anggota Sar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban.
"Kita terjunkan sebanyak 15 personil dari tim Sar BPBD Tuban untuk membantu proses ini. Dan sekarang sudah selesai kita lakukan," terang Joko Ludiono, Kepala BPBD Tuban.
Kegiatan penutupan patung dewa yang memiliki ketinggian lebih dari 30 meter itu memakan waktu yang cukup lama. Hal itu karena adanya kendala angin kencang dan juga proses penjahitan kain yang akan digunakan menutup seluruh ornamen patung itu. "Memang ini prosesnya lama, karena kendalanya angin kencang dan ornamen patung yang menganggu. Jadi, tadi malam (kemarin, red) sempat istirahat sebentar karena kendala angin dan kita mulai lagi sekitar pukul setengah delapan tadi," tambahnya saat di lokasi penutupan patung di klenteng KSB Tuban.
Joko menambahkan untuk menutup patung Dewa Kongco Kwan Sing Tee Koen itu membutuhkan sebanyak 40 rol kain dengan panjang masing-masing 30 meter. Sehingga proses mengabungkan kain itu membutuhkan waktu sekitar 4 jam lebih. "Semua habis 40 rol kain yang kita jahit menjadi satu. Sekarang prosesnya sudah selesai semua," paparnya.
Sementara itu, penutupan patung Dewa Kongco Kwan Sing Tee Koen dengan kain putih itu dinilai sebagai upaya untuk meredam kegaduhan dan kontroversi di media sosial terkait berdirinya patung itu. Yang mana dalam jagad maya, banyak Nitizen terutama dari luar Tuban yang berkomentar negatif terkait berdirinya patung tersebut.(dtc/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :