20 ASN Bolos Langsung Potong Tunjangan


BATU - Pemkot Batu bertindak tegas terhadap aparatur sipil negara (ASN) yang bolos pada hari pertama kerja, Senin (10/6) . 20 ASN yang ketahuan bolos pada hari pertama kerja setelah libur panjang langsung dipotong tunjangan kinerja (tukin). Selain itu langsung dilaporkan ke Kemenpan-RB.
"Sesuai Perwali,  ASN tak hadir tanpa keterangan hari pertama kerja mendapat sanksi potongan tukin 25 persen," ujar Siswanto, Kepala Badan Kesejahteraan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu.
20 ASN itu tersebar di berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Batu. Selain itu dari 2.073 pegawai Pemkot Batu, 15 orang di antaranya sakit. Mereka mengirim surat keterangan dokter. Sedangkan 11 orang lainnya izin, tujuh orang cuti melahirkan, dua orang tugas belajar, dan 37 orang dinas luar seperti Satpol PP dan Dishub.
Sementara mengacu Peraturan Pemerintah (PP) 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai,
ASN yang tak masuk tanpa keterangan mendapat hukuman disiplin ringan. Dimulai dari teguran lisan, tertulis hingga pernyataan tidak puas secara tertulis. Nama-nama ASN yang bolos itu juga dikirim ke Kemenpan-RB.
"Untuk teguran, nantinya akan dilakukan langsung oleh masing-masing kepala organisasi perangkat daerah (OPD),” jelasnya.
Lebih lanjut, ia menjelaskan, hukuman tersebut sama seperti yang telah diberikan saat pelaksanaan upacara Hari Lahir Pancasila, 1 Juni lalu. Saat itu data yang tercatat di BKPSDM Kota Batu sebanyak 36 pegawai tak ikut apel.
Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko juga membenarkan saksi tersebut. Yakni dilakukan pemotongan tukin bagi pegawai yang absen dan mendapat surat peringatan.  "Sanksi tegas akan kami berikan kepada pegawai yang tak mengindahkan aturan. Ini sudah sesuai turan yang telah ada," tandasnya.(eri/ica/agp/van)