magista scarpe da calcio 250 Pejabat Ikuti Assesment Kompetensi


250 Pejabat Ikuti Assesment Kompetensi


BATU - Sebanyak 250 pejabat eselon 3 dan eselon 4 Pemkot Batu dikirim untuk mengikuti Assesment Kompetensi Pejabat di Balai Diklat Provinsi Jatim di Surabaya. Kemarin (8/2) gelombang pertama pejabat dikirim untuk mengikuti assesment ini. Hari pertama, para peserta hanya mengikuti pengarahan, baru hari kedua dilaksanakan psikotest dan proposal writing serta pada hari ketiga, para peserta menjalani interview dan presentasi.
            Wiwik Sukesih, Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) mengatakan, untuk pejabat eselon 3 dibagi dalam dua gelombang. Sementara pejabat eselon 4 dibagi 6 gelombang. Setiap gelombangnya harus mengikuti assesment selama tiga hari.
            “Assesment ini kita lakukan untuk melihat para pejabat ini memiliki kemampuan untuk ditempatkan pada jabatan tertentu. Kalau kita sudah memiliki hasilnya akan memudahkan untuk Baperjakat mempertimbangkan jabatan pejabat ini,” terang Wiwik.
Dijelaskan Wiwik, kegiatan Assessment Center ini adalah sebagai proses sistematis untuk menilai keterampilan, pengetahuan dan kemampuan individu yang dianggap kritikal bagi keberhasilan kinerja yang unggul.
‘’Assessment Center merupakan suatu metodelogi untuk mengidentifikasi atau mengevaluasi perilaku pegawai dalam pekerjaan. Sehingga hasil dari proses Assessment Center dapat digunakan dalam strategi pengembangan SDM suatu organisasi,’’ jelasnya.
Adapun sasaran kegiatannya, yaitu mengidentifikasi kekuatan individu dalam pengembangan karier, rencana pengembangan bagi organisasi yang mencakup peningkatan keterampilan latihan, tindakan pengembangan karier dan pribadi sesuai skala waktu yang ditargetkan.
‘’Tujuan kegiatan ini yaitu untuk memperoleh kriteria yang jelas untuk suatu jabatan tertentu, mengidentifikasi kader-kader pemimpin melalui suatu metode yang memiliki akurasi dan obyektifitas yang dapat diandalkan. Serta menghasilkan strategi dan tindakan pengembangan yang spesifik dan terencana bagi pegawai,’’ terangnya.
Dengan Assessment Centre ini akan memudahkan pimpinan dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan SDM seperti rekruitmen, promosi, mutasi dan pengembangan karier pegawai. (dan/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top