41 Tahun Eksis, KUD Batu Terus Berinovasi

BATU - Banyak Koperasi tumbuh dan mati setiap tahunnya. Agar tetap mampu bertahan untuk mensejahterakan anggotanya, pengembangan harus terus dilakukan.  Koperasi Unit Desa Bebarengan Anggayuh Tentreme Urip (KUD Batu) contoh koperasi yang mampu bertahan hingga kini, sejak didirikan pada 26 April 1978 lalu.
Selama 41 tahun, KUD Batu terus berupaya mensejahterahkan sekitar 1200 ribu anggotanya. Ketua KUD Batu, Drs. Ismail Hasan M.M menjelaskan, mempertahankan sebuah koperasi bukan hal yang mudah. Butuh inovasi dan keberanian untuk terus mengembangkan usaha demi usaha yang ada. 
"Untuk terus mempertahankan kesejahteraan anggota, kami telah melakukan berbagai inovasi. Beberapa diantaranya dengan membangun unit-unit usaha, seperti pengolahan susu, rumah susu Ganesha, pakan ternak, hingga yang terbaru adalah wisata edukasi susu Batu (WESB)," kata Ismail kepada Malang Post, Kamis (11/7) kemarin.
Ia menjelaskan, melalui unit-unit usaha yang dibangun KUD Batu mampu membuat KUD Batu tetap eksis dan bertahan hingga saat ini. Sehingga mampu mensejahterahkan 1200 anggotanya yang berasal dari seluruh wilayah Kota Batu. 
KUD Batu setiap harinya mampu menyerap susu segar dari peternak dan anggotanya sebanyak 21 ton. 30 persennya diproses secara mandiri. Sisanya dikirim ke industri pengolahan susu Nestle.
"Tak hanya berorientasi bisnis. Kami juga memberikan pelayanan kepada anggota dengan mempermudah pakan melalui unit pakan ternak. Sehingga anggota tak mengeluarkan banyak pengeluaran untuk pangan," bebernya. 
Disamping itu, lanjut Ismail, KUD Batu juga melayani kebutuhan susu bagi anak-anak sekolah dengan kerja sama Pemerintah Kota Batu melalui dana Bosda. Tak tanggung-tanggung semua sekolah tingkat TK, SD/MI, dan SMP/MTS di Kota Batu setiap hari disuplai KUD Batu. 
Disisi lain, kesejahteraan anggota sangat dirasakan anggota KUD Batu setiap tahunnya.  Tahun lalu, dalam rapat umum tahunan (RAT) KUD Batu mampu menorehkan keuntungan sekitar 15 persen dari tahun sebelumnya. (eri/aim)

Berita Terkait