Barongsai Atraksi Dalam Mall


BATU - Penampilan kesenian barongsai tidak harus di ruang terbuka. Tampil dalam sebuah mall, kesenian asal Tiongkok ini tetap asyik. Barongsai dalam mall ini terlihat di Lippo Plaza Batu, Selasa (5/2). Penampilan barongsai ini langsung menyedot perhatian pengunjung dan warga sekitar berlokasi di Jalan Diponegoro Kota Batu ini.
Hall utama mall tersebut disulap menjadi arena penampilan barongsai dari klenteng En Ang Kiong Kota Malang. Hall tersebut didirikan beberapa tiang besi mulai rendah hingga paling tinggi dua meter. Tiang-tiang ini langsung menjadi sarana barongsai beratraksi.
Tidak hanya saru barongsai beratraksi, namun dua sekaligus. Kedua barongsai dengan warna khas merah ini melompat diantara tiang-tiang besi ini. Malahan, barongsai itu sesekali berdiri tegak di atas tiang besi. Tentu saja pengunjung yang memadati mall langsung memberikan tepuk tangan meriah.
"Atraktif sekali, barongsai itu bisa melompat-lompat di atas tiang besi. Mereka tidak canggung seperti melompat di tanah saja," terang Anita Yuda, salah satu pengunjung Lippo Plaza Batu.
Tidak hanya itu, liang liong juga juga sangat atraktif menghibur pengunjung. Kesenian berbentuk naga ini tidak henti-hentinya berputar diantara tiang besi sebelum digunakan barongsai beratraksi.
Manajemen Lippo Plaza Batu juga menghadirkan wushu lima menua menghibur pengunjung. Mereka terdiri dari anak-anak hingga dewasa sangat mahir memainkan pedang dalam bermain wushu. "Ini persembahan Lippo Plaza Batu dalam menyambut Imlek. Semua ini untuk hiburan warga Batu dan pengunjung mall," terang Azariel, marketing communication Lippo Plaza Batu kepada Malang Post.
Sebelum atraksi Lippo Plaza Batu, ada pawai Imlek. Pawai ini mengambil start di Alun-Alun, melintas di Jalan Gajahmada, Diponegoro dan berakhir di Lippo Plaza Batu. Pawai diikuti barongsai, wushu, liang liong dan pasukan kerajaan Tiongkok. Mereka melakukan pawai dengan jalan kaki, naik kuda hingga dokar.
"Mereka berdandan ala kerajaan dan putra putri dari Tiongkok. Begitu start dari Alun-Alun, mereka langsung berpawai menuju Lippo Plaza Batu," tambah Ari, sapaan akrabnya.
Dia menjelaskan, kegiatan pawai sudah menjadi kebiasaan Lippo Plaza Batu setiap Imlek. Pawai hingga atraksi selama ini sudah ditunggu warga Kota Batu. (feb)

Berita Terkait

Berita Lainnya :