Bayar Seikhlasnya, Ajak Wisatawan Jaga Kebersihan


BATU - Tempat wisata di Kota Batu terus melakukan berbagai inovasi dan edukasi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Salah satunya  kabijakan yang dibuat manajemen objek wisata Paralayang Gunung Banyak, yang menarik tiket masuk seikhlasnya.
Beberapa objek wisata yang memberlakukan kebijakan tersebut adalah Taman Langit, Omah Kayu, dan Jangkrik Manuk yang berada di area wana wisata Paralayang Gunung Banyak, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu.
Kepala Wana Wisata Paralayang Gunung Banyak, Bambang Harianto mengatakan, inovasi bayar seikhlasnya di tiga wana wisata tersebut bertujuan mengedukasi wisatawan. Sesuai dengan program baru yang diluncurkan menyambut bulan Ramadan, yakni Sinau Kemesraan.
“Program baru ini kami namai dengan tema Sinau Kemesraan. Disini kami mengajak pengunjung belajar dekat dengan alam," ujar Bambang kepada Malang Post, Rabu (1/5).
Ia menjelaskan, apa yang dimaksud dekat dengan alam adalah belajar menjaga alam. Mengingat banyak wisatawan yang datang berasal dari perkotaan. Pihaknya ingin, wisatawan tersebut menjaga alam dengan setidaknya tidak membuang sampah sembarang.
Lebih lanjut, dengan wisatawan membayar seikhlasnya pada hari Jumat itu. Diharapnya muncul kesadaran untuk ikut menjaga kebersihan. Berbeda ketika mereka membayar dengan harga tiket standar. "Dengan bayar tiket normal, bisa saja mereka membuang sampah seenaknya. Karena pengunjung telah merasa membayar uang kebersihan," tegasnya.
Karena itu, lanjut dia, dengan tagline Sinau Kemesraan mampu menjadi pembelajaran bersama.
Sementara itu, Pungky Ansiska (24), wisatawan asal Blitar sangat mengapresiasi kebijakan tiket masuk seikhlasnya yang diberlakukan manajemen Gunung Banyak. Dengan begitu pengunjung yang masuk akan ikut menjaga lingkungan wisata.
"Bagus sekali. Ini bisa dicontoh bagi tempat wisata lainnya. Kalau bisa digratiskan sehari. Sehingga wisatawan yang datang akan benar-benar menjaga tempat wisata yang dikunjungi," pungkasnya. (eri/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :