Bersih-Bersih Masal, Jangan Sekadar untuk Adipura


BATU - Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko meminta bersih-bersih masal yang sedang digalakkan bukan sekadar untuk menyambut penilaian tahap kedua Adipura. Namun kegiatan harus dilakukan untuk pelestarian lingkungan dan menumbuhkan budaya bersih masyarakat.
Hal tersebut dikemukakan Dewanti saat Apel Sapu Bersih Sampah Sebelas Maret (Saber Semar) di pelataran parkir Batu Plaza, Minggu (11/3) kemarin.
“Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan. Saya bersyukur seluruh ASN sudah melakukannya (bersih-bersih), apa yang kita lakukan bukan karena Adipura,” kata Dewanti.
Dia menginginkan, apa yang dilakukan untuk menjaga kota bersih, nyaman dan asri demi anak cucu. Menurutnya, peraturan sudah dibuat Pemkot Batu, tinggal masyarakat berperan aktif dalam pelestarian lingkungan.
“Pelestarian lingkungan menjadi tanggungjawab kita, kegiatan ini harus diapresiasi sehingga daerah aliran sungai bisa kembali menjadi sebuah ekosistem terjaga,” ujar Dewanti.
Kegiatan kemarin diikuti seluruh elemen masyarakat. Tidak hanya ASN, namun juga TNI-Polri, komunitas cinta lingkungan, pramuka dan organisasi kemasyarakatan seperti Pemuda Pancasila dan lainnya. Dalam apel kemarin, Dewanti juga menyerahkan peralatan kebersihan berupa cangkul kepada perwakilan peserta.
Arif As Siddiq, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengataka, aksi bersih-bersih ini merupakan simbol kebersamaan dan partisipasi masyarakat. “Memang ada tujuan Adipura, ada tujuan Adi Wiyata dan ada tujuan Kota Sehat. Namun terpenting adalah menjaga lingkungan bersih dan nyaman,” terang Arif.
Tidak hanya membersihkan lingkungan sungai, kemarin dilakukan pula penanaman puluhan pohon tepi jalan. Penanaman pohon sebagai pengganti pohon mati. (dan/feb)

Berita Terkait

Berita Lainnya :