Desa Gunungsari Bangun Taman Mawar GSB


BATU - Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu tengah memantapkan sebagai Desa Wisata Petik Mawar, dengan melakukan pembangunan Taman Mawar Gunungsari Berkah (GSB) awal April 2019.
Tak tanggung-tanggung, jumlah anggaran yang bakal dikucurkan Pemerintah Desa dalam pembangunan Taman Mawar GSB sekitar Rp 2,5 miliar. Hal itu dikatakan Ketua Bumdes GSB, Khoirul Rozikin, bahwa rencana pembangunan Taman Mawar GSB akan dimulai April depan. Lokasi pembangunan di Lapangan Dusun Mbrumbung, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.
"Pembangunan Taman Mawar GSB ini bertujuan menguatkan Desa Petik Mawar agar menjadi desa wisata yang terkonsep. Nantinya akan dikelola oleh Bumdes GSB," ujar Rozikin kepada Malang Post, Rabu (20/3).
Ia menjelaskan, Taman Mawar itu akan di bangun di Tanah Khas Desa (TKD) seluas 1 hektar. Dengan pembangunan diperkirakan dua tahap. "Saat ini Rencana Anggaran Biaya (RAB) masih dalam proses penganggaran. Anggaran yang dibutuhkan kisaran Rp 2,5 miliar. Dengan tahapan pertama sebesar Rp 1,2 miliar. Sedangkan sisanya masuk tahap dua melalui Perubahan Anggaran Keuangan (PAK)," bebernya.
Untuk fasilitas, Rozikin menambahkan, Taman Mawar GSB akan diisi dengan 60 jenis mawar yang ada di Kota Batu khususnya, dan di Indonesia pada umumnya. Nantinya akan dikelompokkan dan diberi asal-usul mawar tersebut.
Fasilitas lainnya, akan ada cafe, gazebo, dan persewaan sepeda elektrik bagi wisatawan. Dengan semua interior dan bangunan khas mawar. "Selain itu, ada edukasi bagaimana cara menanam, merawat dan memanen. Merangkai mawar hingga memetik mawar," imbuhnya.
Lebih lanjut, Rozikin mengungkapkan, dengan adanya Taman Mawar GSB juga akan menjadi tempat pusat informasi berbagai tempat wisata yang ada di Desa Gunungsari. Sehingga bisa tercipta destinasti wisata yang terintegrasi di Gunungsari.
Dengan begitu beberapa tempat wisata di Gunungsari yang akan dipaketkan antara lain, di Dusun Pager Gunung demgan Kampung LA dan Kelompok PNL (Pinarak Negeri Lampion), Bukit Cendana di Dusun Ngebruk, Edukasi Sapi di Dusun Brau, Kampung Seni Budaya di Dusun Jantur, dan wisata alam Coban Kembar di Dusun Jantir. (eri/udi)

Berita Terkait