Diamuk Angin, Kawasan Payung Macet 1 Km


BATU - Diamuk angin kencang, Minggu (27/1), pohon tepi jalan di sejumlah ruas jalan  di Malang Raya bertumbangan. Di Kota Batu menyebabkan kemacetan sepanjang 1 Km di Kawasan Payung II akibat pohon tumbang menutup jalan.
Kendaraan yang terjebak macet mengular dari arah Batu ke Pujon dan sebaliknya. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu dikerahkan untuk mengatasi persoalan tersebut. Mereka kemudian memangkas lalu mengevakuasi batang pohon yang menutup jalan poros tersebut. Petugas butuh waktu hampir sejam untuk mengatasi kemacetan itu.
Agar kemacetan tak semakin panjang, diberlakukan rekayasa arus lalu lintas. Kendaraan dari arah Pujon ke Kota Batu diarahkan melalui jalur alternatif di jalur Klemuk. Sedangkan dari Kota Batu petugas mengarahakan kendaraan melalui jalur alternatif yang sama melalui SPBU Songgoriti ke arah Klemuk.
Sementara untuk arus kendaraan yang terjebak macet diurai dengan caranya memberlakukan sistem buka tutup. Tapi sistem ini baru diterapkan setelah petugas memotong bagian pohon yang menutup Jalan Trunojoyo di Kawasan Payung II.
Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kota Batu, M Rochim mengatakan pohon tumbang akibat angin kencang merupakan salah satu bencana yang sedang rawan terjadi. Karena itulah dia meminta warga waspada.
Berdasarkan data BPBD sejak Kamis (24/1) hingga Minggu (27/1) tercatat pohon tumbang di 63 lokasi. Khusus kemarin terdapat dua pohon tumbang di Payung II sekitar pukul 13.30 WIB.  
Untuk mencegah korban akibat pohon tumbang, BPBD bersama Dinas Perhubungan Kota Batu   melakukan perempesan dan pemotongan pohon rawan tumbang di beberapa titik jalan utama. Hal itu dilakukan karena angin kencang diperkirakan akan terjadi beberapa hari kedepan.
Rochim menguraikan beberapa titik lokasi perempesan dan pemotongan pohon rawan tumbang di antaranya Jalan Panglima Sudirman, Jalan Diponegoro dan Jalan Sultan Agung.(eri/van)

Berita Lainnya :