magista scarpe da calcio Golek o Jeneng, Ojok Golek Jenang


Golek o Jeneng, Ojok Golek Jenang


BATU - Melihat performa kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Kota Batu masa bhakti periode 2018 - 2023, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko optimis, para wanita pengusaha ini bisa mencetak banyak wirausahawati di Kota Batu.
Keoptimisan ini terlihat dari performa Hj Sriana Ketua DPC Iwapi Kota Batu yang selama ini dikenal sebagai pengusaha wanita sukses yang tidak hanya memiliki jiwa kepemimpinan yang tegas, namun juga memimpin dengan keibuan.
Selain itu, dalam kepengurusan Iwapi Kota Batu terdapat banyak sosok pengusaha wanita yang mendominasi sektor usaha tidak hanya di Kota Batu, namun juga sebagai eksportir. Hal tersebut dikemukakan oleh Dewanti Rumpoko saat Pelantikan pengurus Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) DPC Kota Batu periode 2018-2023 di Gedung Pancasila, Balai Kota Among Tani, kemarin (9/2).
"Mulai dari pojok sana, sampai pojok sini (pengurus Iwapi Kota Batu) semuanya pengusaha sukses. Semoga bisa memberikan semangat untuk para wanita di Kota Batu agar berwirausaha. Selain itu bisa menularkan ilmu dagangnya, hingga jumlah wirausahawati semakin berkembang," ujar Dewanti.
Orang nomor satu di Kota Batu ini berharap, Iwapi ada bukan untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain. Keberadaan Iwapi mampu merubah anggapan salah yang selama ini berkembang di masyarakat. "Golek o jeneng, ojo golek jenang (carilah nama, jangan mencari jajanan jenang-red)," ujar Dewanti.
Ia sudah membuktikan hal itu, ketika seseorang memiliki nama baik, tidak usah mencari jenang. Jenang itu datang sendiri karena pemberian seseorang sebagai bentuk terima kasih. Begitu juga jika menjadi seorang pengusaha, menurut Dewanti, jadilah pengusaha yang harum namanya, pengusaha yang dipercaya, hingga rezeki akan datang sendiri.
Ia pun berharap Iwapi bisa merubah anggapan bahwa usaha itu berjalan karena punya modal. "Banyak bantuan pemerintah tidak berkembang dengan baik karena kita hanya memberi tanpa memberi edukasi. Apalagi kalau bantuan itu berbentuk barang hidup, seperti bantuan kambing," ujar Dewanti sambil memuji pengusaha besar di Iwapi bisa bergandeng tangan dengan pengusaha kecil.
Pengurus DPC Iwapi Kota Batu yang dilantik kemarin merupakan hasil Musyawarah Daerah (Musda) tahun 2017 yang memercayakan kepemimpinan Iwapi kepada Sriana untuk menggantikan Ketua Iwapi yang lama, Ny Endang Imam Kabul.  "Tema pelantikan hari ini (kemarin,) yakni dengan kesejahteraan gender kita tingkatkan ekonomi kerakyatan. Semoga benar-benar bisa menjadi pijakan pengurus Iwapi yang baru,"ujar Hj S Rachmawati, Ketua DPD IWAPI Jatim.
Rachmawati menegaskan bahwa Sriana merupakan pengusaha yang memiliki potensi luar biasa. Ia juga tercatat sebagai pengurus DPD Iwapi Jatim sebagai Wakil Ketua Umum Budaya dan Ekonomi Kreatif.
Ia yakin dibawah kepemimpinan Sriana, Iwapi Kota Batu semakin berkibar, terlebih di Kota Batu memiliki potensi yang luar biasa karena merupakan destinasi wisata Jatim yang menjadi surganya berbagai produk unggulan.
Rachmawati mengatakan DPD Iwapi akan melakukan pendampingan dengan memfasilitasi berbagai pelatihan. Seperti pelatihan membuat produk yang berkualitas hingga kemasannya. "Dengan sentuhan tangan Bu Sriana, kita yakin bisa meningkatkan jumlah pengusaha wanita, dari saat ini berjumlah 100 bisa meningkat menjadi 200 hingga 300 anggota" ujarnya.
Sementara itu, Sriana menegaskan, Iwapi Kota Batu akan menjadi salah satu mitra pemerintah dalam memberdayakan ekonomi perempuan dan keluarganya. Saat ini sudah tersusun program rutin bulanan, triwulan hingga program tahunan.
"Kita akan membuat bazar, dimana UKM yang punya produk bisa berjualan, pengembangan ekonomi kita utamakan," ujar Ketua Partai Hanura Kota Batu ini. Ia menegaskan Iwapi Kota Batu ada bukan hanya untuk pengusaha wanita menengah ke atas saja, namun juga untuk pengusaha yang berada di strata bawah.
Ia akan menjadikan Iwapi Kota Batu tidak hanya menjadi wadah komunikasi, namun lebih dari itu menjadi tempat tukar pengalaman antara pengusaha besar dengan yang kecil.  "Iwapi akan membantu pemasaran, organisasi ini bukan hanya untuk kelas menengah ke atas saja, tapi pengusaha kecil dan menengah bisa bergabung dalam Iwapi," ujarnya. (dan/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top