Jelang Launching, 10 Kelompok Meriahkan Mural


BATU - Sentuhan ide mahasiswa Ilmu Komunikasi, Konsentrasi PR UMM mempercantik Dusun Krajan Sae, Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu segera terwujud. Mereka yang tergabung dalam kelompok Prospero melaunching Wisata Kampung Hijau, 24 Februari nanti. Tujuan keberadaan Kampung Hijau juga untuk meningkatkan perekonomian warga.
Ketua Kelompok Praktikum, Sherly Amalia Arif mengatakan, sebelum aunching Kampung Hijau, berbagai agenda digagas. ‘’Salah satunya sedang berlangsung The Tempenosaurus Mural Art Competition selama tiga tiga hari ini. Lomba mural bagian persiapan mempercantik wisata Kampung Hijau, " ujar Sherly kepada Malang Post, Jumat (11/1).
Ia menjelaskan, kompetisi mural diikuti 28 peserta terbagi menjadi 10 kelompok. Peserta berasal dari berbagai daerah seperti Surabaya, Mojokerto, Lamongan, Jombang dan Malang Raya ikut ambil bagian. Mereka adalah pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum.
"Tema drawing adalah purbakala, dinosaurus dan bunga matahari. Ini juga susuai dengan identitas Kampung Hijau yang lokasinya berdekatan JTP 3. Objek wisata ini memiliki wahana Dino Park dan bunga Matahari warna kuning sehingga kontras kampung hijau," bebernya.
Selain The Tempenosaurus Mural Art Competition, pihaknya juga menggelar pelatihan bagi warga Kampung Hijau untuk memproduksi tempe berbagi bentuk. Ada pembekalan pengetahuan untuk menyambut tamu sebagai persiapan kampung wisata. Ada juga kegiatan menciptakan jingle kampung tempe beji.
Salah satu peserta, Abdurahman Daud dari ITB Jurusan Desain Interior mengatakan, dia ikut kompetisi bersama dua temannya. Mereka adalah Dhia Amira dari UMM jurusan HI dan Rahmi Rahbani dari UM jurusan DKV.
"Kami bertiga dari Perguruan Tinggi berbeda. Namun kami alumnus lembaga sama, yakni Ponpes Gontor. Kami suka menggambar dari dulu. Meski berbeda perguruan tinggi dan selama ada waktu, kami sempatkan berpartisipasi bersama," ujar Daud.
Daud menjelaskan, bersama kelompoknya ia menggambar di tembok-tembok kampung. Mereka mengangkat konsep parade. "Sesuai potensi, gambar kami buat konsep parade, mulai Dinosaurus hingga Bunga Matahari. Ketika dilihat wisatawan, mereka merasa senang dan nyaman," imbuhnya.
Untuk pemenang, panitia menentukan Juara pertama dengan hadiah Rp 2 juta, juara 2 Rp 1,5 juta dan juara 3 berhak meraih Rp 1 juta. Hadiah diberikan bersamaan launching Kampung Hijau. Semua kegiatan terlaksana antara UMM, PT Indana dan Jatim Park Group. (eri/feb)

Berita Terkait

Berita Lainnya :