KONI Target Lima Besar PORPROV


BATU - KONI Kota Batu memiliki target lima besar dalam PORPROV Jatim, Juli 2019 mendatang. Untuk meraih target itu, KONI menggelar pelatihan kompetensi dan peningkatan SDM bagi seluruh pelatih 29 cabang olahraga di Spencer Green Hotel, Kota Batu, Rabu (5/12).
Plt. Ketua Koni Batu, Dr. Drs. H. Slamet Muchsin M.Si yang membuka pelatihan mengatakan, tujuan diadakan pelatihan bagi pelatih adalah memberi bekal kemampuan dan keahlian melatih.
"Selain itu, pelatihan ini untuk untuk peningkatan mutu para pelatih dengan memberikan teknik dan metode kapada masing-masing cabor. Pelatih dibekali teori dan praktik untuk mengukur kekuatan fisik dan mental. Semua ini kami persiapkan untuk mencapai target lima besar di Porprov 2019," ujar Muchsin kepada Malang Post.
Ia menjelaskan, target lima besar PORPROV diikuti 38 kota/kabupaten di Jatim, KONI Kota Batu mengupayakan pelatih berlisensi yang diselenggarakan oleh Pengurus Besar (PB) masing-masing cabang olahraga. Dengan pelatih berlisensi, kualitas latihan dan mutu atlet lebih baik sehingga target bisa direalisasikan.
"Dari pelatihan ini, kami juga melakukan hasil peringkat akhir pada PORPROV. Salah satu indikator atau penentu dalam mencapai target adalah pelatih," tegasnya. Ia menambahkan untuk variabel pelatih mencapai target sebesar 50 persen.
Muchsin menerangkan, dari hasil seleksi tingkat kota di 29 cabor, Kota Batu mengirimkan 250 atlet untuk 15 cabor pada Porprov nanti. Masing-masing cabor terdapat 2-3 pelatih. Dalam PORPROV sebelumnya, Kota Batu berada diperingkat 20 besar dari 38 kabupaten/kota se-Jatim.
Sementara itu, Ocie Wiriawan pemateri dari Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya memberikan materi tentang peningkatan kualitas SDM, manajemen kepelatihan, hingga indikator keberhasilan meraih prestasi.
Selain itu ia juga menerangkan pentingnya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan yang berkelanjutan. Semua itu mulai dari penyusunan rencana, pengkajian, penelitian, serta analisis dan evaluasi program. (eri/feb)

Berita Terkait

Berita Lainnya :