magista scarpe da calcio Kota Batu Tuan Rumah Apeksi Komwil IV


Kota Batu Tuan Rumah Apeksi Komwil IV


BATU – Kota Batu menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah (RAKORKOMWIL) IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). Rapat ini  berlangsung mulai Selasa (17/4)  hingga Kamis (19/4). Sebagai tuan rumah, Kota Batu berkesempatan mempromosikan potensi pariwisata, pertanian dan UMKM unggulan.
Sebanyak 13 Pemerintah Kota dari Jawa Timur, Bali, NTT dan NTB membahas keberlanjutan program pembangunan daerah dan implementasi Sustainable Development Goals (SDG'S). Pemkot Batu sebagai tuan rumah bakal memanfaatkan momen tersebut sebagai ajang promosi dari potensi, mulai pariwisata, pertanian dan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Melalui tiga bidang tersebut, sejak 2007-2017, Pemkot Batu mencatat ada kenaikan (PAD) dari Rp 15 miliar menjadi Rp 150 miliar.
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan bahwa sebagai tuan rumah, ia memperkenal dan mengangkat potensi yang dimiliki Kota Batu hingga manca negara dengan branding Shining Batu. "Ini merupakan momen penting, karena itu kami akan menonjolkan semua potensi yang ada di Kota Batu. Terutama untuk pariwisata, pertanian dan UMKM yang saat ini meningkat drastis," ujar Dewanti Rumpoko kepada Malang Post.
Dengan motto desa berdaya kota berjaya, pihak Pemkot lebih menonjolkan kegiatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat untuk bidang pariwisata, pertanian atau UKM. Sebut saja pertanian, petik apel, petik paprika atau petik apel dan sayur organik menjadi ikon. Peserta APEKSI juga diajak untuk melakukan kegiatan pada ikon-ikon Kota Batu.
Para istri Wali Kota diajak petik apel dan sayur organik di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji. Seperti diketahui, Tulungrejo merupakan salah satu sentra pertanian Kota Batu sejak dulu hingga sekarang.
Sedangkan para Wali Kota melakukan penanaman pohon khas daerah masing-masing di Coban Talun. Ada juga teatrikal, penandatanganan komitmen pelestarian lingkungan bersama  dan hiburan. Mereka juga diajak keliling sarana wisata di Coban Talun.   
Selain mengenalkan potensi yang dimiliki, dalam pelaksanaan Rakorkomwil, Kota Batu juga mengusulkan isu-isu penting seperti kenaikan gaji Wali Kota yang hanya Rp 6,3 juta dan Wakil  Wali Kota pada angka Rp 5,3 juta. Peserta Apeksi juga membahas adanya anggaran dana desa dan kelurahan.
Saat ini Pemerintah Desa mendapatan DD dan ADD miliaran rupiah setiap tahun. Sedangkan Kelurahan tidak dapat anggaran itu sehingga ada kesenjangan. Sehingga tidak ada kesenjangan dan diskriminasi antara kelurahan dan desa dengan adanya dana desa. Selain dua pembahasa itu, bidang pendidikan dan kesehatan juga menjadi prioritas dalam rapat.
"Beberapa isu-isu tersebut bakal dibahas dalam rapat Apeksi nanti. Sehingga terwujud tata kelola pemerintahan efektif dan tercipta pembangunan yang merata dari pinggiran dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Baik dari segi ekonomi, pendidikan dan kesehatan," bebernya.
Sementara itu, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menambahkan bahwa Pemkot telah menyusun dan mempersiapkan agenda Apeksi dengan matang. "Kami sudah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik. Mulai dari pameran UMKM yang akan menampilkan produk unggulan Kota Batu, baik kerajinan dan hasil pertanian di hari pertama. Sedangkan hari kedua akan membahas isu-isu penting dan dilanjut dengan penutupan pawai budaya dan ladies program," papar Punjul.
Untuk pawai budaya, diungkapnya bakal menjadi momen penting untuk mengenalkan budaya yang dimiliki Kota Batu, seperti kesenian glendo barong sebagai ikon kesenian di Kota Batu. Sedangkan untuk tanam pohon atau Ladies Program, Punjul juga menghimbau agar seluruh kepala daerah juga ikut hadir. Karena Pemkot Batu ingin mengenalkan salah satu wisata alam Coban Talun seluas 200 hektar tersebut berhasil dikelola masayarakat dengan Perhutani.
"Kita bakal jelaskan jika Coban Talun merupakan pilot project. Bagaimana semua pihak dapat bekerja sama di bidang pariwisata dan pertanian untuk pertumbuhan perkonomian," pungkasnya.(eri/ary)

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top