KWB Health Expo Target 1000 Orang, 2332 Pasien Datang


PUAS dengan pelayanan kesehatan di KWB Health Expo, Juwarni, seorang pasien meminta Pemkot Batu tidak hanya menggelar kegiatan ini setahun sekali. Dia menginginkan Pemkot bersama Yonkes 2 Kostrad dan berbagai instansi bisa menggelar enam bulan sekali.
Juwarni satu diantara ribuan warga Kota Batu yang memanfaatkan fasilitas di KWB Health Expo ini. Kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk mereka, terutama warga tidak mampu.
 “Saya sangat terbantu sekali dengan adanya program ini. Kami berharap tidak hanya satu tahun sekali, tapi lebih sering. Masyarakat pasti akan berduyun-duyun ke sini,” ujar Juwarni.
Kepala Dinas Kesehatan, drg Kartika Triswulandari menyebutkan, KWB Health Expo ini mengimplementasikan motto HUT ke-72 RI yakni Kerja Bersama. Pemkot dan berbagai instansi kerja bersama memberikan layanan kesehatan secara langsung kepada masyarakat.
“Dari target sebesar 1000 pasien, warga yang datang jauh melebihinya. Selama enam hari pelaksanaan, tercatat 2332 pasien memanfaatkan fasilitas kesehatan atau lainya di KWB Health Expo,” terang Kartika.
Rata-rata, pasien datang untuk mendapatkan delapan jenis layanan, mulai pemeriksaan maupun hanya konsultasi. Ditempat ini, pasien bisa mendapatkan pelayanan dari dokter umum, dokter gigi, dokter kecantikan, konsultan nutrisi hingga konsultan psikologi.
“Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan bantuan. Khususnya untuk Yonkes 2 Kostrad setiap hari tidak hanya memberikan pelayanan, tapi berbaur langsung dengan masyarakat selama 24 jam penuh,” ujar Kartika sembari mengatakan pelayanan kesehatan juga bersifat preventif.  
Sementara itu, Mayor dr Chilmi Sp. Ot, Komandan Yonkes 2 Kostrad mengatakan dari dialog dengan masyarakat, kegiatan ini sangat berguna. “Kami selalu siap membantu mendukung dengan sebaik mungkin.  Apa pun tugasnya, kami laksanakan dengan baik, meski bukan terbaik, tapi harus bisa memberikan manfaat,” ujarnya.
Kegiatan ini ditutup oleh Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, Kamis (24/8) kemarin. Hadir pula dalam kegiatan itu, Dewanti Rumpoko, Ketua Tim Penggerak PKK yang juga wali kota terpilih, Ketua DPRD Banjarnegara H Nuryanto, serta sejumlah undangan.
“Secara berkesinambungan, kami akan mengabdi kepada masyarakat agar mereka semkin sehat. Kalau warga meminta pelaksanaan setiap enam bulan sekali, nanti bida setiap tiga bulan,” ujar Punjul.
Bahkan menurut Punjul, Dewanti Rumpoko sebagai Wali Kota Batu terpilih sudah meminta kepada Dinas Kesehatan untuk mengevaluasi kegiatan selama enam hari ini. Dewanti mengatakan, kebutuhan warga Batu akan kesehatan sangat tinggi.
“Beliau (Dewanti Rumpoko) meminta Dinkes untuk meningkatkan pelayanan Puskesmas setara Rumah Sakit tipe C. Sama seperti di Jakarta, kebanyakan warganya malah datang ke puskesmas, bukan ke RS, karena pelayanan lebih baik dibanding Puskemas biasa,” ujar Punjul.
Dalam penutupan tersebut juga dilakukan lomba yel-yel dan menari antar rumah sakit. Para pemenang langsung mendapatkan hadiah dan diserahkan oleh Dewanti Rumpoko, Punjul Santoso serta pejabat lainnya. (dan/feb)