Layanan Tambahan Dispenduk, Sabtu-Minggu Utamakan Pemilih Pemula


BATU - Pelaksanaan Pemilu, 17 April 2019 menjadi perhatian penting Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu. Pembukaan pelayanan Sabtu dan Minggu merupakan upaya Disendukcapil melayani pemilih pemula atau berusia 17 tahun sebelum Pemilu. Dispenduk mencatat, ada sekitar 500 pemilih pemula dan mereka butuh administrasi kependudukan.
Kepala Bidang Pendaftaran Kependudukan, Dispenduk Capil Kota Batu, Kamim Utomo mengatakan, pelayanan Sabtu-Minggu merupakan inisiatif Dispendukcapil Kota Batu untuk pelayanan persiapan Pemilu. Pelayanan Sabtu-Minggu ini mulai awal Januari ini.
"Pelayanan Sabtu-Minggu ini kami gelar untuk menyelesaikan PR Dispendukcapil. Kami memiliki tugas menyelesaikan administrasi kependudukan pemilih pemula untuk Pemilu," ujar Kamim kepada Malang Post.
Pemilih pemula, lanjut dia, banyak sibuk pada di jam kerja (Senin-Jumat) karena rata-rata masih sekolah. Sehingga tidak ada waktu bagi masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan di Dispendukcapil.
Ia menjelaskan, pelayanan  Sabtu-Minggu Dispendukcapil pukul 08.00-12.00 WIB. Sedangkan Senin-Kamis seperti biasa pukul 08.00-17.00 WIB dan Jumat pukul 08.00-15.00 WIB.
Bahkan dalam pelayanan tambahan itu, diungkap Kamim, pihaknya tidak memberikan tambahan gaji bagi pegawai. "Tidak ada gaji tambahan untuk pelayanan tambahan ini. Karena  ini merupakan komitmen kami untuk mengentaskan adminduk," imbuhnya.
Tak hanya itu, Kamim menambahkan pelayanan itu juga diutumakan bagi masyarakat yang masih memiliki surat keterangan (Suket). Mengingat Suket yang dipegang oleh masyarakat Kota Batu masa berlakunya sudah habis.
Ia menguraikan untuk pemegang Suket di Kota Batu saat ini sebanyak 805 orang. Padahal jika Suket sudah kadaluarsa tidak bisa digunakan untuk kepentingan administrasi apapun.
"Karena itu dengan adanya pelayanan Sabtu-Minggu ini kami harap bisa dimaksimalkan oleh masyarakat. Baik pemilih pemula, mengurus adminduk hingga mengganti Suket dengan e-KTP," pungkasnya. (eri/feb)

Berita Terkait

Berita Lainnya :