Please disable your adblock and script blockers to view this page


Machfud Gantikan Zinung


BATU - KONI Kota Batu memiliki Ketua baru untuk periode 2018-2022, yakni Drs Machfud. Mantan Ketua KPU Kota Batu terpilih secara aklamasi setelah sebelumnya menjalani voting dalam Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) yang berlangsung di hall Arjuno Selecta, Sabtu (8/12). Dengan terpilihnya Machfud, Sektretaris KONI Kota Batu ini bakal menggantikan ketua sebelumnya, Zainul Arifin KR alias Zinung yang mengundurkan diri karena menjadi calon legislatif (caleg).
''Drs. Machfud resmi terpilih sebagai Ketua KONI Kota Batu,'' ungkap Drs Didik Machmud, pimpinan sidang sekaligus penasehat KONI Kota Batu.  
Sebelum aklamasi, tambahnya ada voting dengan tiga calon ketua. Mereka adalah Sekretaris KONI Drs Machfud, Kabid Pendidikan dan Penataran KONI, Safrudin Rosul dan calon dari luar KONi Kota Batu, Sinal Abidin. Machfud meraih 14 suara, Safrudin Rosul enam suara dan Sinal lima suara. Voting diikuti 29 pemilik suara dengan empat abstain.
Berdasar AD/ART KONI Kota Batu pasal 24 ayat 2 hurf B, untuk menjadi ketua sekurang-kurangnya harus mendapat suara 20 persen atau enam suara. Ketua terpilih juga harus mendapat suara di atas 16. Karena tiga calon tersebut tidak ada yang meraih suara di atas 16 harus dilanjutkan ke tahap 2. Sehingga calon yang meraih suara di atas enam dan kurang dari 16 suara ikut dalam pemilihan tahap 2. Selanjutnya Machfud dan Safrudin Rosul yang berhak mengikuti pemilihan tahap 2.
Sebelum melanjutkan dalam tahap itu, kedua calon harus membuat surat pernyataan tentang kesiapannya menjadi ketua. Safrudin Rosul tidak mau dicalonkan lagi, sedangkan  Machfud bersedia memegang amanah atau bersedia menjadi ketua. Karena Safrudin Rosul menolak dicalonkan sebagai ketua, Machfud langsung ditetapkan sebagai Ketua KONI Kota Batu periode 2018-2022 secara aklamasi.
Sebagai Ketua, Machfud menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada semua yang terlibat dalam Musorkot. "Kedepan, KONI Kota Batu menargetkan masuk dalam 10 besar atau 10 medali emas Porprov Jatim, Juli 2019. Kota Batu mengikuti 23 cabor dari 40 cabor yang dipertandingkan," ujar Machfud kepada Malang Post.
Masuk 10 besar, kata dia sudah prestasi membanggakan bagi Kota Batu. Kota Batu memiliki cabor unggulan, yakni tinju. Dalam PORPROV sebelumnya, tinju menjadi menjadi juara umum dengan enam medali emas. "Sedangkan cabor andalan lainadalah Paralayang dan kami kami target menjadi juara umum dengan empat emas," bebernya.
Sebagai Ketua, Macfud berharap bisa bersama-sama dengan berbagai pihak menyongsong dan berkomitmen menjalankan Renstra yang telah ada.
Sementara itu Walikota Batu, Dewanti Rumpoko yang menghadiri sekaligus membuka Musorkot KONI Kota Batu menekankan, siapapun yang menjadi ketua harus memiliki kredibilitas, kecintaan terhadap olahraga dan memiliki niat memajukan olahraga di Kota Batu. "Semoga ketua terpilih adalah orang yang amanah dan kredibel dalam manajemen olahraga. Sehingga Kota Batu bisa memiliki prestasi olahraga yang membanggakan," bebernya. Ia juga menekankan bahwa dalam KONI sebaiknya tidak digunakan untuk berpolitik. (eri/feb)

Berita Terkait

Berita Lainnya :