Payung Kembali Longsor


BATU – Hujan deras mengguyur wilayah Kota Batu menyebabkan tanah longsor di Jalan Raya Payung Kota Batu, petang kemarin. Materia tanah dan batur menutup seperempat kiri jalan dari Batu menuju Pujon tersebut.
Operator Pusdalops BPBD Kota Batu, Okta Hero mengatakan, longsor yang diakibatkan karena hujan deras sekitar tiga jam terebut tidak sampai menggangu pengguna jalan. Dengan cepat petugas Polsek Batu turun untuk mengatur lalu lintas. Selain itu, tim dari Pusdalops  BPBD Kota Batu dan satu Mobil Damkar juga dikerahkan di koodinat S 07°51.969’ E 112°29.801’ yang menjadi lokasi longsor.
“Sekitar pukul 18.28 WIB, kami langsung bergerak cepat untuk segera membersihkan material longsor. Ini mengantisipasi terjadinya macet. Longsor terjadi untuk  ketinggian 10 meter, lebar 4 meter dan panjang 7 meter. Untuk membersihkan lumpur, satu mobil damkar turun menyemprot jalan yang tertutup material. Kami membutuhkan waktu 30 menit,” ujar Okta kepada Malang Post.
Ia menjelaskan, pembersihan dilakukan secara menual dengan menurunkan 10 anggota dari Pusdalops  BPBD Kota Batu. Saat dilakukan pembersihan, Polsek Batu juga melakukan pengaturan lalu lintas, dengan Jalan Raya Batu – Pujon tidak mengalami kemacetan.
Ia menghimbau, jika terjadi bencana kepada masyarakat Kota Batu, terutama di daerah rawan longsor agar berhati-hati. Jika terjadi bencana alam untuk segera memberikan informasi kepada BPBD atau Polsek. “Kami sampaikan agar masyarakat Batu waspada di musim hujan yang sering mengakibatkan longsor. Jika terjadi bencana alam, secepatnya segera memberikan laporan agar segera ditindak lanjuti dan tidak sampai meninbulkan korban,’’ katanya. (eri/feb)

Berita Terkait

Berita Lainnya :