Pemkot Batu Raih Nilai Sakip B


BATU - Berbagai prestasi diraih Pemkot Batu pada 2018. Salah satunya adalah award Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) tahun 2018 dengan nilai B. Award SAKP ini akan diserahkan Kemenpan-RB  di Hotel Golden Tulip Galaxy Banjarmasin, Kalsel, 6 Februari nanti.
Award SAKIP B  tersebut sudah membanggakan. Pasalnya Pemkot Batu terus mendapatkan peningkatan drastis dalam nilai SAKIP sejak 2015. Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso membenarkan jika Pemkot Batu mendapatkan award SAKIP dengan nilai B. Itu karena Pemkot Batu sudah mendapatkan undangan dari Kemenpan-RP untuk hadir di Banjarmasin.
Ia menjelaskan, nilai SAKIP 2018 adalah 61.89 yang artinya mandapat kategori B. Nilai tersebut naik dari tahun 2017 dengan nilai 42,03 yang meraih kategori C. Sedangkan tahun 2016 dengan nilai 41.72 dan tahun 2015 mendapat 42.06 yang keduanya kategori C.
"Ini menjadi prestasi sangat luar biasa bagi Pemkot Batu dari evaluasi tahun 2018. Ada kenaikan prosentase penilaian dari 42 menjadi di atas 60 persen. Kenaikan seperti ini tidak pernah diraih daerah lain," ujar Punjul kepada Malang Post, Rabu (23/1) kemarin.
Ia menjelaskan lebih lanjut, peningkatan nilai tersebut karena setiap program masuk dalam acuan RPJMD dan sinkron dengan tiap OPD. "Jadi Kepala OPD sudah tahu program yang akan digarap dan sinkron dengan visi misi Kota Batu mengacu RPJMD 2018-2022," imbuhnya.
Ia mengatakan lebih lanjut, tahun sebelumnya, Pemkot Batu mendapat nilai SAKIP C karena ada beberapa program tidak sesuai dengan visi misi Kepala Daerah dan RPJMD. Sehingga hal itu menjadi refleksi untuk diperbaiki dalam tahun berikutnya.
Sekretaris DPC PDIP Kota Batu ini menambahkan, selama 365 hari pertama (satu tahun) kepemimpinan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko bersama telah meraih puluhan penghargaan dari berbagai bidang. Prestasi itu mulai Pemerintahan, Ekonomi, Inovasi hingga Pelayanan Publik.
Beberapa penghargaan yang diraih antara lain Kota Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Penghargaan LKPD TA 2017 dengan capaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Desa Sadar Hukum tingkat Provinsi Jatim 2018, Award Among Tani IT On Agro Application, Top Leader IT Leadership 2018, Kota Peduli HAM, Sertifikat Adipura, PPID Award klsifikasi B kategori layanan informasi terbaik dan sederet penghargaan lainnya.

Berita Terkait

Berita Lainnya :