Perumdam Among Tirto Bangun Embung


BATU - Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Among Tirto bakal membangun embung seluas 800 meter persegi di Dusun Kungkuk, Kecamatan Bumiaji tahun 2019 ini. Hal itu ditegaskan Direktur Perumdam Among Tirto Kota Batu, Edi Sunaedi kepada Malang Post, Rabu (26/2).
Sokek, sapaan akrab Edi menjelaskan, rencana pembangunan embung di Dusun Kungkuk karena banyaknya sumber Banyuning yang masih belum dimanfaatkan dengan maksimal. Mengingat setiap detiknya, dari sumber banyuning air yang megalir sebesar 100 liter. "Tahun ini kami ingin memaksimalkan sumber banyuning yang memiliki debit ait 100 liter per detik dengan pembangunan embung. Dengan adanya embung ini, nantinya bisa digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air serta untuk meningkatkan kualitas air," ujar Sokek.
Ia menjelaskan, untuk pembangunan embung berada di lahan milik Perumdam Among Tirto seluar 800 meter persegi. Tepat di lahan tersebut juga terdapat sumber air. Sementara untuk anggaran, beber Sokek akan menggunkan dana penyertaan modal sebesar Rp 8 miliar. Perumdam Among Tirto mendapat dana penyertaan modal secara bertahap dari Pemkot Batu sebesar Rp 48,7 miliar untuk memenuhi kebutuhan selama tahun 2019-2020.
Dengan adanya pembangunan embung itu, ia berharap dalam jangka waktu hingga 40 tahun pelayanan air bersih ke masyarakat tidak mengalami kendala. Serta bisa melayani jaringan saluran rumah di wilayah Desa Punten.
Selain itu, pembangunan embung, Perumdam Among Tirto juga memiliki rencana bisnis (renbis) jangka panjang. Mulai dari penambahan jaringan di Desa Pendem, Kelurahan Dadaprejo, Desa Mojorejo, dan Desa Bumiaji. "Melalui dana penyertaan modal, kami juga akan melakukan pengembangan usaha PDAM dalam bentuk air minum dalam kemasan (AMDK) serta museum air untuk wisata edukasi. (eri/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :