Pohon Tumbang di 61 Lokasi, Timpa Tiga Mobil


Kota Batu merupakan salah satu kawasan yang memiliki banyak kerugian. Terdata 61 lokasi kejadian pohon tumbang dan mengakibatkan kerugian sekitar  Rp 300 juta. 61 peristiwa itu meliputi pohon tumbang, tiang listrik ambruk, rumah warga rusak sedang, mobil rusak tertimpa pohon hingga tempat wisata yang harus buka siang hari. Namun demikian tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.
Kasi Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kota Batu, M Rochim mengatakan dampak yang diakibatkan angin kencang tersebar merata di Kota Batu. Di antaranya tiang listrik roboh di Desa Tlekung dan putusnya kabel listrik akibat tertimpa pohon tumbang.
"Untuk saat ini jaringan listrik yang terputus masih dalam proses perbaikan. Beberapa di antaranya sudah menyala dan lainnya masih dalam proses perbaikan," ujar Rochim kepada Malang Post, Rabu (23/1) kemarin.
Ia menguraikan beberapa desa dan kelurahan yang aliran listriknya terganggu yakni di Desa
Giripurno, Bumiaji, Tlekung, Oro-Oro Ombo, Sisir, Temas, dan Pesanggrahan. 
Rochim menjelaskan, Tim BPBD Kota Batu bersama Dinas Penanggulangan Kebakaran Kota Batu dan relawan berjuang ekstra meminggirkan pohon yang tumbang saat  hujan deras dan angin kencang sejak Selasa malam. Kemudian dilanjutkan pada Rabu kemarin dengan anggota gabungan yang turun lapangan lebih dari 100 orang.
Untuk beberapa lokasi pohon tumbang di antaranya di Jalan Abd Gani Atas, depan vila Toety, Kusuma Agro, Darsono, Suropati, Jalan Dewi Sartika, Pasar Batu hingga Metro Kelurahan Sisir. Selain itu, Panderman Bawah,  Hotel Golden Tulip, Jatim Park 2 Kelurahan Temas, Desa Sidomulyo, Desa Pesanggrahan, Desa Junrejo. Sedang untuk tiga mobil yang tertimpa pohon berada di Jatim Park II, Jalan Darsono dan Jalan Ichwan Hadi.
Dari peristiwa tersebut BPBD Kota Batu mengeluarkan peringatan dini terkait fenomena angin kencang yang akan terjadi hingga pekan depan. Selain itu, BPBD juga mengimbau warga agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman pohon tumbang di sekitar wilayahnya masing-masing.

Berita Lainnya :