Protes Aspal Jalan Panglima Sudirman


BATU - Pengaspalan di sebelah Jalan Panglima Sudirman diprotes pengguna jalan. Pasalnya proyek pengaspalan jalan milik Provinsi Jatim ini terjadi perbedaan kontur dan belum tuntas pengerjaanya.
Perbedaan ketinggian ini mengakibatkan banyak kendaraan roda dua jatuh atau oleng. Santoso, warga Kelurahan Sisir Kecamatan Batu adalah salah satunya.
"Aspal beda tinggi jadi membahayakan penggun jalan, apalagi ketika malam. Selain itu banyak ceceran pasir bercampur kerikil hingga sangat licin. Saya nyaris jatuh, untungnya bisa mengendalikan laju motor," ujar Santoso.
Alfi Nur Hidayat, Kabid Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (DPUPR) Pemkot Batu membenarkan adanya keluhan warga terkait pelaksanaan proyek pengaspalan.
Beberapa wargat mengadukan masalah ini kepada Dinas PUPR. Laporan ini sudah ditindaklanjuti dengan melaporkan kepada Bina Marga Provinsi Jawa Timur. "Karena jalan tersebut adalah jalan provinsi, yang melaksanakan pembangunan adalah Bina Marga Provinsi Jatim. Pengaduhan masyarakat sudah kita sampaikan kepada Bina Marga Provinsi Jatim," ujarnya.
Menurut Alfi, saat melaporkan pengaduan ini, pihak Bina Marga Provinsi Jatim memberikan penjelasan bahwa Provinsi sedang melakukan percobaan pengaspalan untuk mengetahui kadar aspal dan berapa kali hamparan aspal yang dibutuhkan.
Pantauan dilapangan, jalan yang diaspal oleh Provinsi Jatim panjangnya sekitar 10 meter hotmix. Ada perbedaan aspal jalan kurang lebih empat sentimeter antara aspal yang satu dengan sisi lainnya.
Lebih lanjut Alfi menjelaskan, saat ini Bina Marga Kota Batu sedang melaksanakan sembilan paket pengerjaan jalan yang saat ini semuanya sudah berjalan 50 persen. Pembangunan jalan adalah Batu - Junrejo, Songgoriti - Pandesari, M Sahar, Sidomulyo - Bumiaji, Batu - Selecta, Jalan Wukir, Beji - Mojorejo dan Gunungsari - Brau.
"Total nilai anggaran sebesar Rp 13,7 miliar, satu proyek dari dana bagi hasil cukai yakni pembangunan jalan di Gunungsari - Brau dan delapan proyek dari DAK," ujarnya. (dan/feb)

Berita Terkait

Berita Lainnya :