Ramai-Ramai Gunakan Hak Pilih


MALANG - Pemilu 2019 untuk memilih Presiden-Wakil Persiden RI dan anggota legislatif,  Rabu (17/4) disambut antusias warga Malang Raya. Di berbagai tempat, warga membuat TPS tematik.  Kepala daerah dan tokoh masyarakat berbaur bersama warga di TPS untuk menyalurkan hak suaranya.
Wali Kota Malang, Drs H. Sutiaji mencoblos di TPS 02 Kelurahan Jatimulyo. Ia didampingi istrinya, Hj Widayati Sutiaji dan dua putrinya. Mereka berbaur bersama warga, antre hingga kemudian dipanggil petugas untuk mencoblos.
Begitu juga dengan Wali Kota Batu, Dra Dewanti Rumpoko, MSi. Orang pertama di Pemkot Batu ini didampingi putrinya Ganis Pratiwi Rumpoko. Mereka mencoblos di TPS 40 Pesanggrahan.
Sementara itu, Wakil Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi  menyalurkan hak suaranya di TPS 019 Gondanglegi Kulon, Kecamatan Gondanglegi. "Saya mencoblos pagi-pagi, karena setelah ini langsung sidak ke beberapa TPS bersama Forpimda," ujar Sanusi.
Menariknya, sebelum datang ke TPS 019, Sanusi sempat salah datang ke TPS lain. Dia datang ke TPS 018, yang berada di seberang rumahnya. Namun begitu mendaftar mencoblos, ternyata namanya terdaftar di TPS 019.
Di TPS 04, Jalan Raya Karangduren Gang 3 Pakisaji, seluruh petugas KPPS, memakai kostum wayangan. Ketua KPPS TPS 04, Rangga Romadhan, mengatakan penampilan unik dengan memakai kostum wayangan merupakan tradisi turun temurun. Setiap kali ada Pemilu, selalu menampilkan kostum unik Wayangan.
"Tujuannya, selain menarik minat masyarakat datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya, juga melestarikan budaya supaya tidak luntur," ucap Rangga Romadhan.(ica/eri/agp/van)