Ratusan Pekerja Peringati May Day dengan Senam Bersama


BATU - Peringatan Hari Buruh di Kota Batu dilaksanakan dengan senam bersama di Lapangan Parkir JTP 3, Rabu (1/5) pagi. Sekitar 500 buruh di Kota Batu ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang dikemas sangat positif.
Berbagai rangkaian kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB dilaksanakan dengan senam bersama, hiburan musik, hingga pembagian door prize kepada para buruh yang hadir.  Hari Buruh Internasional itu juga diikuti Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si, Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto SIK M.Si, Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan, Bambang Kuncoro, Ketua DPRD Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo M.H, dan Ketua SPSI Kota Batu, Purtomo S.H.
Pada kesempatan tersebut, Dewanti menyampaikan bahwa hari pekerja internasional di Kota Batu dikemas dengan postif. Sehingga hal tersebut menunjukkan adanya hubungan yang baik antara pekerja dengan pemilik perusahaan. "SPSI Kota Batu sebagai organisasi buruh sudah merencakan acara ini dengan baik. Sehingga acara ini bisa sukses, dan berjalan damai tanpa ada kerusuhan," ujar Dewanti kepada Malang Post usai mengikuti peringatan May Day Together We Grow.
Ia juga berpesan agar sinergi antar pekerja dan pemilik perusahaan berlangsung dengan baik. Yakni dengan cara menjaga komunikasi yang baik hingga memenuhi kewajiban dasar para pekerja. Sebaliknya, bagi para pekerja juga harus menunjukkan loyalitasnya.
Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto SIK M.Si mengapresiasi SPSI Kota Batu yang menggelar peringatan May Day dengan kegiatan yang positif. Sehingga bisa menjadi contoh bagi organisasi buruh lainnya di daerah lain.
"Penyaluran pendapat bagi serikat pekerja tidak melalui demo atau unjuk rasa ini bisa jadi role budaya baru. Karena itu, kami mengapresiasi adanya pembuatan dan perpanjangan SIM gratis bagi 50 pekerja yang ikut dalam May Day," paparnya.
Sementara itu, Ketua SPSI Kota Batu, Purtomo berharap semua permasalahan ketenaga kerjaan di Kota Batu dapat diselesaikan oleh Disnaker Kota Batu. Sehingga, baik dari pekerja dan pemilik tidak saling dirugikan.
"Saat ini masih ada beberapa masalah ketenagakerjaan yang belum selesai. Permasalahan tersebut adalah tak dipenuhinya hak puluhan Karyawan Pom Pandanrejo, PT. SGS Villa Estate Panderman Hill, dan Dieng Travel yang ada di Jalan Imam Bonjol Kota Batu," ungkapnya.
Karena itu, Purtomo berharap Pemkot Batu harus memiliki ketegasan dalam menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan. Mengingat para pekerja yang tak dipenuhi hak dasarnya adalah warga Kota Batu. (eri)

Berita Terkait