Rawan Bikin Truk Sampah Terguling


BATU - Seringnya truk pengangkut sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu terguling di pintu masuk tempat pembuangan akhir (TPA) di Desa Tlekung Kecamatan Junrejo, membuat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu mengambil tindakan. Sudah tiga hari kemarin, DPUPR Kota Batu melakukan perbaikan drainase dan pengaspalan jalan.
Kejadian truk sampah terguling ini bukan kali pertamanya terjadi. Tercatat selama tahun 2018 kejadian tersebut sudah dua kali terjadi, yakni pada bulan April dan Mei lalu. Pasalnya, pintu masuk ke TPA Tlekung jalannya terlalu menikung dan menanjak. Selain itu kondisi sebagian jalan yang rusak dan berlobang membuat truk pengangkut sampah rawan terguling.
Kabid Bina Marga Alfi Nur Hidayat mengatakan, perbaikan drainase dan jalan di pintu masuk TPA Tlekung karena laporan dari DLH Kota Batu jika truk yang membawa sampah sering terguling. "Menanggapi laporan tersebut, kami langsung prioritaskan. Pasalnya jalan tersebut merupakan satu-satunya akses untuk pembuangan sampah dari seluruh Kota Batu," ujar Alfi kepada Malang Post.
Ia menjelaskan, perbaikan saat ini dilakukan pada bagian drainase atau saluran air. Baik di samping kiri dan kanan jalan. Sehingga saat musim hijan tiba air yang terbuang dari atas langsung menuju drainase. Mengingat sebelum dilakukan perbaikan, banyak air yang terbuang dari atas melalui jalan aspal.
"Karena banyak air yang masuk ke jalan akan mengakibatkan dan memudahkan aspal berlubang. Apalagi jalanan menanjak, sehingga sangat mudah membuat aspal rusak dan berlubang," bebernya.
Karena itu, pihaknya melakukan perbaikan yang dimulai dari drainase terlebih dahulu. Dengan target penyelesaian maksimal satu bulan. Untuk kemudian dilanjutkan perbaikan jalan dengan pengaspalan.
Kepala DLH Kota Batu Arif As Sidiq menambahkan, pihaknya memang telah mengusulkan perbaikan kualitas jalan. Selain itu, dengan kondisi jalan yang menikung tajam dan sempit dengan lebar sekitar 4 meter, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk pelebaran jalan dan pemasangan lampu peringatan di pintu masuk TPA.
"Kita sudah koordinasikan semuanya, mulai dari perbaikan hingga pelebaran jalan. Memang dalam pelaksanaannya harus bertahap. Karena itu akses jalan ke pintu masuk TPA sangat penting. Mengingat ada setiap hari truk sampah harus beroperasi di tempat tersebut," pungkasnya. (eri/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...