Rudal Prancis Tiba di Arhanud

 
BATU - Plt Wali Kota Batu, Punjul Santoso dan Wibi Punjul Santoso tergelitik mengikuti gerak senam militer siswa TK Kartika X-5, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo Kota Batu, Kamis (5/10) kemarin. Tidak itu, Komandan Pusdik Arhanud, Kolonel Arh Rikas Hidayatullah dan Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto ikut serta dalam kegiatan memeriahkan HUT ke-72 TNI di Pusdik Arhanud ini.
Para petinggi Kota Batu ini pun bergerak santai mengikuti gerak para bocah. Penonton pun bertepuk tangan mengiringi selesainya senam militer yang dibawahkan oleh para bocah TK. Upacara HUT TNI ke-72 ini juga dimeriahkan dengan yel-yel masing-masing satuan, termasuk penampilan yel-yel gabungan antara TNI – Polri serta siswa Akademi Militer (Akmil).
Selepas upacara, seluruhnya mengikuti panggung prajurit, dimana dilakukan santunan terhadap anak Yatim Piatu dan hiburan. Meski tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana upacara HUT TNI dipusatkan di Stadion Gelora Brantas, kegiatan ini berlangsung semarak dengan pelibatan berbagai elemen masyarakat yang besar.
“Sengaja, pada HUT TNI ke-72 ini, kami melibatkan seluruh komponen masyarakat. Hal ini sesuai dengan amanat Panglima TNI, dimana TNI tidak ada apa-apanya tanpa rakyat,” terang Rikaz. 
Menurutnya, TNI kuat bersama rakyat, jika diibaratkan rakyat adalah ibu kandung dari TNI. Upacara HUT TNI ini, menurut Rikaz menjadi sebuah momen yang luar biasa, karena melibatkan seluruh komponen masyarakat, baik organisasi kemasyarakatan, pelajar, mahasiswa hingga organisasi masyarakat.
Kegiatan juga dihadiri Plt Wali Kota Batu, Punjul Santoso, Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto dan anggota DPRD Kota Batu, Sudijono. Di sekitar tempat upacara, sengaja ditempatkan berbagai peralatan tempur modern yang dipergunakan oleh Pusat Pendidikan Arteleri Pertahanan Udara untuk mendidik TNI profesional.
“Background di belakang kita ini adalah wujud dari pertanggungjawaban TNI. Senjata kita semua sudah dimodernisasi. Telah tiba di Pusdik Arhanud ini senjata terbaru TNI AD yakni Rudal Mistral, produksi Prancis, berteknologi tinggi. Kita saat ini sedang melatih awaknya untuk dipergunakan di seluruh jajaran angkatan darat,” ujarnya.
Selain itu tahun depan, kata Rikaz, Pusdik Arhanud akan mendapatkan senjata baru yakni Rudal Startrek. Dengan senjata baru ini mobilitas satuan Arhanud bisa lebih dalam saat mengcover wilayah-wilayah di daerah perbatasan untuk menciptakan kedaulatan negara.
Ditempat terpisah, Punjul Santoso mengucapkan selamat atas peringatan HUT ke-72 TNI. Punjul juga mengucapkan terima kasih atas peran serta TNI dalam pembangunan, khususnya Kota Batu. 
“Pembangunan di Kota Batu tidak akan bisa berjalan manakala TNI, Polri dan masyarakat tidak bisa bersatu padu,” ujarnya. 
Sementara itu, Buher, panggilan akrab Budi Hermanto mengungkapkan, kegiatan ini merupakan representasi dari keharmonisan antara TNI dengan Polri serta masyarakat. “Selamat HUT TNI ke-72,” ujarnya.
Pusdik Arhanud juga melakukan berbagai lomba untuk memperingati HUT TNI. Komandan Pusdik Arhanud Cup, menggelar lomba empat cabang olahraga, mulai dari sepak bola, voli, tenis lapangan dan tenis meja. 
“Kegiatan ini dilaksanakan mulai besok (hari ini-red) sampai 21 Oktober. Silakan masyarakat menyaksikan. Kegiatan ini terselenggara berkat sinergitas dengan Wali Kota Batu dan KONI Kota Batu,” terang Rikaz.
Untuk voli, tim diperbolehkan menggunakan pemain dari mana saja. Sedangkan sepak bola, khusus pemain usia 10 tahun karena untuk wahana pembibitan pemain. (dan/feb) 

Berita Lainnya :