Satgas Siapkan Operasi Pasar


BATU - Stok berbagai barang kebutuhan pokok di Kota Batu dipastikan aman dalam bulan Ramadan ini. Hanya saja, harga kebutuhan pokok tersebut mulai merangkak naik dibanding hari-hari sebelumnya.
Kepastian ini disampaikan Plt Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu, dr Endang Triningsih setelah melakukan pemantauan. Dia memastikan tidak akam ada kelangkaan stok kebutuhan pokok selama bulan Ramadan hingga Idul Fitri. Ia menjelaskan kenaikan harga sembako memang tidak tak terhindarkan. Tetapi kenaikan harga ini masih dalam batas batas normal.
"Kalau kenaikan harga beras, misalnya, masih Rp 1.000 per kilogram, itu masih batas wajar. Untuk stok kebutuhan pokok, di Kota Batu akan dipastikan aman," ujar Endang kepada Malang Post.
Ia mengungkapkan, Pemkot bersama Kepolisian bakal melakukan operasi pasar. Namun, kapan operasi pasar dilakukan, waktu tidak ditentukan terlebih dahulu. Operasi bertujuan menyediakan harga kebutuhan lebih murah jika ada lonjakan. Selain itu, operasi dilakukan untuk mengetahui keberadaan penimbunan bahan pokok atau tidak.
"Operasi pasar bakal kita gelar dengan satgas pangan. Satgas ini terdiri dari pihak Diskumdag, Dinas Kesehatan, BPOM dan Polres," beber mantan Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Batu ini.
Diskoperindag Kota Batu juga akan menggelar pasar murah di Balai Kota Among Tani. Itu ditujukan untuk menghindari kenaikan harga di wilayah Kota Batu atau penyediaan kebutuhan lebih murah jika dibanding harga di pasaran. Dengan begitu, warga Kota Batu memiliki alternatif untuk berbelanja bahan pokok dengan harga normal.
"Sebenarnya kami berharap, harga sembako tetap normal. Tetapi kenaikan lebih tinggi pati terjadi mendekati hari raya," paparnya.
Asisten II Setda Kota Batu ini menambahkan, Ramadan tahun sebelumnya, tidak terjadi kenaikan harga sangat tinggi maupun kelangkaan kebutuhan. Itu karena Pemprov Jawa Timur juga memberi patokan harga bahan kebutuhan pokok.
Sementara itu Kabag Ops Polres Batu, Kompol Zein Mawardi juga menegaskan hal sama. Memasuki puasa, pihaknya bakal menggelar operasi pasar yang tergabung dalam satgas pangan. Operasi pasar termasuk dalam operasi ketupat, pihaknya melakukan pengecekan secara langsung ke gudang-gudang penyimpanan bahan pokok hingga ke pasar.
"Melalui operasi itu, nantinya kita akan memastikan tidak ada penimbunan, tidak ada pedagang mengambil untung terlalu banyak atau praktik kecurangan lainnya," pungkasnya. (eri/feb)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...