Satpol PP Tertibkan Ratusan Reklame


BATU - Satpol PP Kota Batu terus melakukan penertiban reklame yang melanggar aturan. Selama operasi Januari hingga Rabu (23/1) kemarin, sebanyak 400 reklame diturunkan.
Sekretaris Satpol PP Kota Batu M. Nur Adhim mengatakan, penertiban reklame dilaksakan hampir setiap hari. "Penertiban reklame berupa banner hingga spanduk-spanduk rutin kami gelar setiap kali melakukan patroli. Terutama bagi pemasangan spanduk dan banner yang tidak berizin," ujar Adhim kepada Malang Post, Rabu (23/1) kemarin.
Ia menjelaskan, penertiban berdasarkan pemasangan spanduk yang tidak mengantongi izin dan papan reklame yang melanggar Perda lingkungan hidup. "Dari spanduk dan banner yang kami tertibkan karena dipasang di tiang listrik dan dipaku di pohon. Begitu juga dengan banner atau spanduk yang berizin namun dipaku di pohon kami tertibkan," tegasnya.
Selama Januari ini, pelaksanaan dilakukan di protokol seperti di Jalan Soekarno, Diponegoro, Panglima Sudirman, Trunojoyo, Sultan Agung hingga di jalan-jalan alternatif di tiga kecamatan. Dari tiga kecamatan, tercatat Kecamatan Batu menyumbang sekitar 70 persen reklame banner dan spanduk tak berizin.
"Dari tiga kecamatan, Kecamatan Batu menjadi lokasi paling banyak dijadikan tempat memasang reklame. Ini karena Kecamatan Batu menjadi pusat keramaian," beber mantan Camat Junrejo ini.
Adhim berharap dengan adanya operasi rutin penertiban reklame membuat jengah pemasang. Apalagi dengan adanya reklame di jalan-jalan protokol sangat mengganggu estetika kota.
Selain melakukan penertiban reklame, Satpol PP Kota Batu juga melakukan penertiban pedagang kaki lima yang memanfaatkan trotoar sebagai tempat jualan. Serta melakukan  penurunan alat peraga kampanye (APK) bersama Bawaslu Kota Batu.
"Untuk penurunan APK kami bergerak bersama KPU. Kamis (10/1) lalu kami berhasil menurunkan 64 APK," imbuhnya. Dengan rincian untuk wilayah Kecamatan Bumiaji sebanyak 12 APK, Kecamatan Junrejo sebanyak 8 APK dan Kecamatan Batu berjumlah 44 APK. (eri/feb)

Berita Terkait

Berita Lainnya :