Satu Calon Mundur Seleksi Calon Sekda


BATU - Satu dari enam calon Sekda Kota Batu memilih mundur dari seleksi. Dia adalah Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, Eny Rachyuningsih. Mantan Bappeda Kota Batu tersebut sudah tidak terlihat dalam tes tulis dan wawancara bersama tim pansel di Balai Kota Among Tani, Senin (9/7).
Sementara lima calon Sekda yang mengikuti proses seleksi alnjutan itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan(Bappedalitbang) M. Chori, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Eko Suhartono, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Zadim Efisiensi, Kepala Dinas Pertanian, Sugeng Pramono dan Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran (DPK) Abdillah Alkaf.
Penjabat Sekda Kota Batu, Edy Murtono mengatakan hari ini lima calon Sekda mulai mengikuti berbagai rangkaian tes di depan tim Pansel. Diketuhui sebelumnya, saat seleksi assesment di Badan Diklat Surabaya, satu calon menarik berkas atau mengundurkan diri.
"Memang sebelumnya ada enam calon Sekda dari internal Pemkot Batu. Namun Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, Eny Rachyuningsih menarik berkasnya karena saat banyak kegiatan yang harus dikerjakan," ujar Eddy kepada Malang Post.
Ia menjelaskan, Eny Rachyuningsih telah mengikuti seleksi administrasi. Saat assesment ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan dan alasan keluarga sehingga dia memilih mundur.
Dalam tes, salah satu calon Sekda yakni,  Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Eko Suhartono menjadi orang pertama menghadapi lima tim Pansel. Eko harus memberikan pemaparan konsep dan program di hadapan Pansel sekitar lima jam.
Eddy menjelaskan, setelah semua calon Sekda melakukan pemaparan selanjutnya tim Pansel akan memutuskan tiga terbaik dan hasilnya akan diserahkan kepada Wali Kota Batu dan diteruskan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).
"Targetnya satu sampai dua hari ini bisa bisa selesai, baik untuk pemaparan para calon Sekda hingga hasilnya," paparnya. Ia juga berharap, sebelum habis masa tugasnya sebagai Penjabat Sekda selama tiga bulan, yakni pada 18 Agustus 2018, Sekda baru sudah terpilih. (eri/feb)

Berita Terkait

Berita Lainnya :