Seniman Adu Karya di Tembok Jatim Park


BATU – Sebanyak 64 seniman dari Malang Raya dan berbagai daerah beradu karya di tembok Jalan Kartika Kota Batu atau samping Jatim Park 1 Kota Batu. Mereka bebas menampilkan gambar wahana-wahana yang ada di Jatim Park Group dalam mengikuti lomba mural ini.
Seniman dari berbagai daerah di Jawa Timur saling unjuk gigi corat-coret tembok dari beton. Dengan media berukuran 2,5 x 6 meter ini, seniman menuangkan kemampuannya menggambar.
Operational Manager JTP 1, Bambang Priana mengatakan, lomba mural ini digelar JTP Group sejak Selasa (18/6) hingga Minggu (23/6) hari ini. Peserta menggambar berbagai wahana yang ada di JTP Group. "Sesuai tema, peserta bebas menggambar semua wahana di JTP Group. Untuk penilaian, kami lihat dari berbagai aspek, mulai keterkaitan dengan tema, kreatifitas, makna dan pesan gambar, hingga originilitas karya," ujar Bambang kepada Malang Post, Sabtu (22/6).
Lebih lanjut ia menjelaskan, setiap tim mendapat subsidi dana dari penyelenggara senilai Rp 500 ribu. Selain itu, tim juga diberi cat hitam dan putih sebagai dasar. Sedangkan warna lain dan kebutuhan lainnya, peserta membeli sendiri dari uang yang diberikan.
"Dengan adanya kompetisi ini, kami harapkan bisa membantu seniman terus mengasah kreativitas dengan berkarya. Terpenting dengan wadah ini, bisa mengurangi vandalism mengingat mayoritas peserta adalah anak muda," paparnya.
Sementara itu salah satu peserta, Agus Yon Art asal Jalan Raya Sawojajar Malang mengatakan, motivasi ikut lomba adalah mengasah kemampuan dan berekspresi. Dia juga ingin bersilaturahmi dengan seniman dari berbagai daerah.
Lomba mural, kata dia, sangat positif. Karena mampu menarik bakat dan minat seniman muda di Malang Raya dan daerah lainnya. "Sangat bagus. Dengan adanya lomba ini, seniman baru bisa terakomodir. Lebih dari itu, mereka akan berani tampil depan publik," pungkasnya. (eri/feb)

Berita Terkait

Berita Lainnya :