Sosialiasi Pilkada Maksimalkan Glendo Barong

 
BATU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu terus melakukan sosialisasi Pilkada Jawa Timur tahun ini. Menariknya, sosialisasi di Pasar Parkiran Sabtu (14/4) malam diisi dengan gelaran seni Glendo Barong. KPU juga berharap dengan adanya sosialisasi tingkat partisipasi warga Kota Batu mencapai 80 persen.
Even yang pertama kali diadakan dalam bentuk parade berbagai jenis kesenian Barongan di Kota Batu ini berhasil menarik perhatian. Mereka yang adatang adalah masyarakat Kota Batu dan pengunjung atau wisatawan. 
"Kegaitan sosialisasi Pilgub Jatim 2018 dikemas dengan parade budaya ini sudah menjadi program KPU Jatim. Tujuannya agar masayarakat tertarik datang dan mendapatkan informasi tentang pentingnya hak pilih dalam Pilkada nanti," ujar Komisioner KPU Kota Batu Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi KPU Kota Batu, Saifuddin Zuhri kepada Malang Post.
Ia menjelaskan, program sosialisasi dengan parade budaya juga dilakukan di setiap kota/kabupaten. Dengan harapan, angka partisipasi dalam pemilu di setiap kota/kabupaten bisa meningkat jika dibanding dengan pemilu sebelumnya.
"Kami ingin angka pertisipasi dalam pemilu bisa meningkat. Kita tahu sebelumnya untuk Pilwali Kota Batu partisipasi pemilih mencapai 80 persen dari total daftar pemilih tetap (DPT)," bebernya.
Syaifudin juga menambahkan, dari partisipasi pilwali yang mencapai 80 persen membuat Kota Batu menempati peringkat pertama di Jatim. Sehingga dengan tingginya angka partisipasi itu, kesadaran masyarakat untuk memilih pemimpin daerah sangat baik.
Untuk meningkatkan angka partisipasi pemilu, selain menggelar sosialisasi di Pasar Parkiran, pihaknya juga melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah. Tujuannya adalah menyasar pemilih pemula. Sampai saat ini telah dilakukan hampir di semua sekolah di Kota Batu.
Data KPU Kota Batu, daftar pemilih sementara (DPS) 14.9203 orang. DPS tersebut masih diperbarui lagi menjadi DPT 17 April nanti. Sedangkan untuk jumlah tempat pemungutan suara (TPS) tercatat sebanyak 411 TPS.
Relawan demokrasi tersebar di Kota Batu hanya berjumlah 10 orang. Mereka berlatar belakang dari kelompok pemilih pemula, keagamaan, perempuan, disabilitas dan marginal. (eri/feb)

Berita Terkait

Berita Lainnya :