Tingkatkan Fasilitas Jalan, DPUPR Alokasikan Dana Rp 22,81 M


BATU - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu mengalokasikan dana sebesar Rp 22,81 miliar untuk pembangunan, peningkatan pemeliharaan jalan dan jembatan. Pembangunan infrastruktur tersebut telah disesuaikan dengan visi Desa Berdaya Kota Berjaya.
Kepala Bidang Bina Marga, DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat mengatakan, selama 2019 pihaknya akan menggarap 40 titik peningkatan jalan, 22 titik pemeliharaan jalan, dan 3 titik pembangunan jembatan.
Ia menjelaskan lebih lanjut, proyek peningkatan jalan, pembangunan jalan, dan jembatan dilakukan selama dalam tahun ini. Dari total pembangunan terbagi di tiga kecamatan Kota Batu.
"Dari semua proyek pembangunan jalan tersebut. Nantinya pengerjaan akan dilakukan secara bertahap, dan paling banyak pengerjaan berada di Kecamatan Batu," ujar Alfi kepada Malang Post, Jumat (15/2).
Ia merinci, dari seluruh titik perbaikan untuk Kecamatan Batu sebanyak 23 peningkatan jalan, 14 pemeliharaan jalan, dan 3 pembangunan jembatan. Di Kecamatan Bumiaji 10 peningkatan jalan dan 2 pemeliharaan jalan, serta Kecamatan Junrejo 7 peningkatan jalan, dan 6 pemeliharaan jalan.
Laki-laki yang juga menjabat sebagai Ketua Umum, Persatuan Insinyur Indonesia (PII) cabang Kota Batu ini menegaskan, semua pembangunan yang telah direncanakan sesuai dengan arahan Ibu Wali Kota Dewanti Rumpoko, M.Si. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Batu melalui akses infrastuktur yang mendukung.
Selain itu, lanjut dia, pemeliharaan dan peningkatan jalan dengan pengaspalan tersebut juga berfungsi untuk kenyamanan pengendara umum maupun kendaraan besar, seperti truk. "Bahkan untuk menjunjang kelancaran pertumbuhan ekonomi di berbagai bidang. Terutama di bidang pariwisata, kami juga melakukan pembangunan jalan tembus yang menghubungkan Desa Gunungsari menuju landing paralayang di Kelurahan Songgokerto," pungkasnya. (eri/udi)

Berita Terkait