Wali Kota Bersama Krisdayanti Turun Bersih Kali


BATU - Kegiatan rutin setiap minggu sapu bersih nyemplung kali (Sabers Pungli), Minggu (24/2),  digelar di sungai sepanjang Jalan Indragiri, Desa Sumberejo, Kecamatan/Kota Batu. Gerakan masyarakat ini mendapat apresiasi dari Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si bersama artis asal Kota Batu, Krisdayanti yang ikut bersama masyarakat membersihkan kali.
Aksi bersih-bersih lingkungan ini untuk menciptakan Kota Wisata Batu yang bersih, nyaman, dan asri. Bahkan dalam gerakan tersebut mampu merangkul berbagai stakeholder tanpa melihat latar belakang. Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko menyampaikan, kegiatan ini mampu menyadarkan masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitarnya. "Dari kegiatan ini setidakanya Kota Batu harus bersih, asri, aman, dan nyaman. Supaya wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu betah," ujar Dewanti kepada Malang Post.
Ia juga menyampaikan, kebersihan lingkungan harus terus dijaga oleh semua elemen. Sehingga dengan perencanaan kereta gantung yang dibangun tahun 2020 mempu memukai wisatawan dengan kebersihan Kota Batu.
"Insya Allah Kereta Gantung siap dibangun tahun 2020. Namun alangkah lebih baik Kota Batu harus bersih dulu. Masak kereta gantung sudah dibangun, dari atas kelihatan kotor menjadi tidak bagus," bebernya.
Artis nasional asal Kota Batu Krisdayanti yang ikut dalam kegiatan tersebut sangat mengapresiasi kegiatan Sabers Pungli. "Saya bersyukur bisa ikut terjun langsung bersama masyarakat Kota Batu yang peduli dengan kebersihan kotanya. Luar biasa gerakan masyarakat ini, tumbuh dari masyarakat untuk kota yang dicintainya," paparnya.
Kegiatan itu menurutnya sejalan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019. Saat turun langsung bersama masyarakat Sabers Pungli, sang diva melihat langsung bagaimana sampah plastik yang tidak terurai menjadi penyumbat aliran sungai. Hal itu menjadi konsen bersama untuk mengurangi sampah plastik. Begitu juga untuk bersama-sama memberikan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai, apalagi sampah popok bayi yang sering kali banyak ditemukan di sungai. Hal itu akan mengganggu kebersihan dan keberlangsungan kehidupan di lingkungan sungai.
“Sungai harus kita jaga bersama. Apalagi Kota Batu sebagai daerah hulu sungai Brantas. Jangan sampai sungai kita tercemari dengan sampah-sampah, apalagi sampah popok bayi,” terang artis yang menjadi Caleg DPR RI dari PDIP untuk Dapil Malang Raya ini.
Untuk mengkampanyekan stop buang sampah sembarangan, Krisdayati diajak Titip Puspa bersama 100 artis untuk bernyanyi bersama “Stop Sampah”. Harapannya dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga alam serta lingkungannya.
“Kalau kita dapat menjaga alam dan lingkungan kita, alam juga akan menjaga kita,” tambahnya. (eri/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :