WESB Wisata Edukasi Keluarga Ala Eropa di Kota Batu

 
BATU - Pekembangan Kota Wisata Batu (KWB) membuat KUD Batu melebarkan sayapnya untuk dapat terus mensejahterahkan anggotanya. Terbaru, Wisata Edukasi Susu  Batu (WESB) yang dikelola langsung oleh KUD Batu.
Sesuai dengan konsepnya, WESB menyuguhkan wisata edukasi yang membuat pengunjung mendapat nilai lebih. Khususnya dalam proses pembuatan susu pasteurisasi atau olahan seperti yogurth, keju, hingga permen. WESB yang berada di Jalan Ir. Soekarno, Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu itu menyuguhkan spot-spot foto indah dan unik berbeda dengan tempat lainnya. 
Manager Marketing WESB SC mengatakan, wisata edukasi yang dikelola KUD Batu ini diresmikan pada 22 Desember 2018 lalu. Wisata edukasi in wajib dikunjungi wisatawan yanga datang ke Kota Batu.
 
"Wisata Edukasi Susu Batu ini sangat berbeda dengan wisata lainnya. Karena di tempat ini kami menonjolkan edukasi. Terutama untuk proses pembuatan susu atau makanan olahan susu seperti keju hingga yogurt," ujar Anwar kepada Malang Post, Kamis (11/7) 
Ia menjelaskan, di tampat seluas kurang lebih sekitar 4 hektar ini, pengunjung akan diajak melihat bagaimana proses awal pengolahan susu sampai proses pembuatan susu UHT. Tentu dengan peralatan yang dipakai untuk mengelola susu berasal dari Eropa. Semua itu dapat dilihat dalam Milk Factory.
Begitu juga dengan konsep bangunannya. Disuguhkan kepada pengunjung eksterior hingga interior bangunan bernuansa ala kota-kota di Eropa. Khususnya Belanda yang terkenal dengan produk susu dan olahannya.
"Konsep yang kami angkat ini memang bernuanas Eropa. Pasalnya kami merujuk dari tempat pengolahan susu berawal dari Belanda," ujarnya. 
Selain Milk Factory, WESB juga memiliki Farm Hall. Di tempat ini pengunjung akan mendapat ilmu tentang packaging segala jenis keripik olahan. Serta ada Chocolate Factory, yang memanjakan pengunjung belajar ke pabrik pembuatan cokelat. Tentu juga akan menampilkan produk olahan cokelat yang lezat.
Untuk memenuhi pakan ternak anggota KUD Batu, WESB juga teknologi pengolahan pakan ternak atau sapronak yang berkualitas tinggi, unggul, dan bergizi. Tujuannya mengurangi pengeluaran petani dan memberi edukasi kepada masyarakat tentang peternakan terpadi di Kota Batu. 
Sedangkan untuk spot selfie, pengunjung bisa berswafoto di wahana kincir angin hall. Di tempat tersebut juga dilengkapi dengan panorama alam Kota Batu yang sangat indah. "Kami juga menyediakan kostum ala Belanda dan Jepang untuk bersawafoto," imbuhnya.
Bagi anak-anak, Anwar mengungkapkan ada taman bermain anak, garden flower, kolam renang, hingga lokasi outbond. Sehingga sangat cocom bagi lembaga pendidikan untuk belajar dan bermain di WESB.
Untuk menikmati semua yang ada di WESB. Pengungunjung cukup merogoh kocek Rp 50 ribu. Itu sudah masuk dalam paket makan dan satu botol susu. Serta paket Rp 30 ribu dengan fasilitas wahana dan satu botol susu. (eri/aim)
 

Berita Terkait