90 Persen Selesai, Jembatan Kaca Akan Dibalut Cat Emas


Malang Post, Warga Malang sebentar lagi akan memiliki jembatan kaca yang pertama di Kota Malang. Sebab, pengerjaan jembatan kaca yang akan menghubungkan Kampung Warna-Warni Jodipan (KWWJ) dan Kampung Tiga Dimensi (Tridi) ini sudah mencapat 90 persen pengerjaan konstruksinya.
Hal yang menarik lagi, selain dibalut kaca, jembatan ini akan dipoles cantik dengan nuansa warna gold atau keemasan. Hal ini disampaikan pengawas proyek jembatan kaca, Ahmad Fathoni kepada Malang Post, Selasa (22/8).
“Tidak hanya badan jembatannya kaca. Phylon (penyangga jembatan berbentuk kabel-kabel) juga akan dicat berwarna emas,” tandasnya.
Hal ini tentu akan menarik, karena dari kejauhan jembatan kaca akan terlihat mengilap serasi dengan kaca-kaca pada jembatan yang akan segera dipasang di sekujur badan jembatan. Untuk kacanya sendiri, lanjut Ahmad, masih menunggu kiriman kaca datang. Minggu depan, diyakini pengerjaan penempelan kaca akan segera dilakukan. Menurutnya, dibutuhkan waktu sekitar satu minggu dalam proses penempelan kaca.
“Kaca-kaca ini nanti akan ditempel di sepanjang pinggiran jembatan. Karena terbuat dari fiberglass, warga jangan khawatir kaca mudah pecah,” jelasnya.
Penempelan kaca pada jembatan kaca ini tidak hanya akan diletakkan pada badan kiri dan kanan jembatan saja. Sesuai desain, kaca juga akan dipasang di tengah jembatan alias di jalur berjalan warga. Akan tetapi tidak semua jalur jalan sepanjang 20 meter itu akan dipasang kaca.
Ahmad menuturkan, pemasangan kaca di bawah telapak kaki warga yang melintas nanti akan dipasangkan sekitar setengah meter ke kanan dan kirinya. Ini berarti, warga dapat melihat sendiri apa yang ada di bawah kaki yang mereka pijak saat melintas pada jembatan tersebut.
“Intinya, kurang lebih pengerjaan jembatan ini kurang 10 persen lagi. Rencananya diresmikan 1 Oktober,” tandasnya.
Sebagai informasi, tinggi jembatan kaca ini dari jembatan ke tanah antara 10 meter sampai 11 meter. Sementara panjang jembatan 20 meter. Jembatan kaca ini dibuat dengan range anggaran sekitar Rp 1 miliar, dari dana CSR PT Inti Daya Guna Aneka Warna (Indana Paint), produsen cat Decofresh.
Sebelumnya, Steven A Sugiharto, Vice President PT Indana Paint mengatakan, dua kampung tematik itu berdampingan dan dipisahkan oleh Sungai Brantas yang melintas di antara kampung itu. "Rencananya jembatan kaca ini seperti yang ada di China," imbuh Steven (tea/ica/han)

Berita Lainnya :