Advokat Senior Berpulang, Wasiatkan Jaga IKADIN


Suasana duka sangat terasa di pesemayaman Yayasan Gotong Royong Malang, Selasa (29/1). Puluhan pelayat masih terlihat lalu lalang di persemayaman terakhir Dr. Y.M Artono, SH, MH. Satu persatu, para pelayat memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah advokat senior tersebut.
Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN), Dr. Roberto Hutagalung, SH, MH datang jauh-jauh dari Bandung untuk memberikan penghormatan terakhir kepada advokat yang banyak diteladani itu.
 “Saya betul-betul tidak menyangka. Sebab, selama ini, saya tidak pernah mendengar kabar bahwa beliaunya sakit,” terang dia.
Roberto mengungkapkan, ia mendengar kabar duka tersebut pada Senin (28/1) lalu, sekitar pukul 10.00 pagi. Mulanya, ia tidak percaya, setelah mencari beberapa informasi dan benar adanya, ia langsung terbang ke Malang. “Terakhir, saya bertemu beliau bulan September 2018 lalu, saat Rakernas. Beliau masih sehat, kami sempat bercanda dan jalan-jalan bareng,” papar dia.
Selama ini, lanjut Roberto, almarhum memiliki dedikasi yang sangat tinggi terhadap profesinya sebagai advokat. Jika ditarik garis, almarhum salah satu orang yang membentuk organisasi Ikadin bersama dengan Buyung Nasution dan advokat senior lainnya. “Beliau advokat yang sangat tangguh, ulet dan memiliki idealisme. Profesi ini benar-benar ia cintai. Beliau juga sangat menjunjung tinggi etika profesi,” terang Roberto.
Atas dedikasinya tersebut, tak heran, almarhum Artono memiliki banyak anak didik yang juga menjadi advokat handal di Malang Raya. “Orangnya smart, tidak neko-neko dan apa adanya. Beliau sangat aktif dalam seluruh kegiatan organisasi, baik yang ada di Kota Malang maupun luar Kota Malang,” papar dia.

Berita Terkait

Berita Lainnya :