Ajarkan Anak-anak TK Kesetaraan dalam Perbedaan


MALANG - Peringatan hari Kartini di TK Kemala Bhayangkari 10 Jalan Ahmad Yani Purwodadi Blimbing, meriah dengan anak-anak berpakaian adat nusantara. Senin pagi sampai siang, anak-anak TK bernyanyi, membaca puisi di atas panggung dengan tema perjuangan Kartini sembari mengenakan pakaian adat.
Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari Makota, Susi Asfuri didampingi para pengurus cabang Bhayangkari Makota, menyaksikan dengan antusias kelucuan dan kepolosan anak-anak TK berlomba di atas panggung. Susi mengungkapkan, peringatan hari Kartini ini adalah kegiatan penting dalam menanamnkan spirit emansipasi.
Yakni, kesetaraan gender dan saling menghormati antara pria dan wanita. "Indonesia sudah pernah punya presiden wanita. Menteri dan kepala daerah juga banyak wanita. Begitu juga Kapolres pun ada yang wanita. Sehingga, kesetaraan dan emansipasi sebagai cita-cita Kartini, terus terwujud di Indonesia," kata Susi kepada wartawan, Senin siang.
Dia menambahkan, semangat emansipasi yang ditanamkan kepada anak-anak sejak dini, akan tumbuh menjadi generasi masa depan bangsa Indonesia yang menghormati dan menghargai perbedaan. Suasana peringatan Kartini di TK Kemala Bhayangkari 10 terasa meriah.
Selain kicau lucu anak-anak TK, keberanian mereka naik ke atas panggung juga membuat suasana peringatan Kartini semarak. Sementara itu, Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri mengapresiasi peringatan Kartini di TK Kemala Bhayangkari 10 yang mengusung pakaian adat nusantara.
Prinsip kesetaraan dalam perbedaan, menjadi semangat yang layak diapresiasi sebagai bangsa Indonesia penjunjung spirit NKRI. “Saya melihat antusiasme mereka luar biasa. Mereka pakai pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia. Kami bangga, semoga mereka bisa menjadi penerus bangsa Indonesia, yang membanggakan orang tua, berguna bagi masyarakat dan bangsanya,” tutur Asfuri.(fin/lim)

Berita Terkait