Akhir Tahun, Pasar Comboran Timur Siap Ditempati


MALANG – Setelah molor cukup lama, Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang menjajikan Pasar Comboran Timur siap ditempati akhir tahun ini. Saat ini, masih ada beberapa bagian pasar yang belum rampung dan masih dalam proses lelang.
Kepala Disdag Kota Malang, Wahyu Setianto mengungkapkan, bagian belakang Pasar Comboran Timur akan dibangun tempat untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan onderdil dan besi tua. Rencananya, tempat tersebut akan menampung sebanyak 200 pedagang. 
"Kami masih menunggu Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019. Jika sudah cair nanti akan kami bangun dan pedagang langsung kami suruh masuk ke dalam," terang dia di sela-sela acara Grand Final Lomba Karaoke HUT ke-105 Kota Malang dan Perayaan Arema Juara, Minggu (14/4) kemarin.
Lebih lanjut, Wahyu menyebutkan, pembangunan Pasar Comboran Timur dibagi dalam dua tahap. Pertama, pembangunan gedung pasar yang berada di depan. Kedua, yakni pembangunan tempat untuk Pedagang Kaki Lima yang hingga kini belum selesai pengerjaannya.
"Kemungkinan, akhir tahun ini sudah bisa ditempati," terang mantan Kadishub Kota Malang itu.
Untuk Pasar Comboran bagian barat masih ada sebagian bedak yang masih kosong. "Pada lantai dua dan tiga, masih banyak yang kosong, jumlahnya sekitar 300-an. Nanti akan kita tertibkan,” jelas dia.
Lebih lanjut Wahyu mengungkapkan, ia sudah memberikan sosialisasi dan peringatan kepada pemegang atau pemilik bedak. Jika dalam jangka waktu dua atau tiga minggu masih tidak terpakai akan diambil alih oleh Dinas Perdagangan. "Kami akan tawarkan kepada masyarakat. Siapapun silahkan berdagang secara gratis. Ini merupakan fasilitas Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Dengan catatan mereka harus berjualan aktif dan bayar retribusi harian," tegas dia.
Wahyu menambahkan, untuk meramaikan Pasar Comboran bagian barat, pihaknya juga memberikan peluang kepada warga Kota Malang yang ingin mengadakan event. "Event apapun boleh. Mau perkawinan, lomba-lomba, apa saja boleh, tidak dipungut biaya alias gratis. Supaya pasarnya rame. Seperti yang dilakukan sekarang ini (lomba karaoke)," imbuh dia.
Sementara itu, Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko menambahkan, pihaknya memberikan apresiasi penuh terhadap warga Kota Malang yang ingin meramaikan pasar dengan mengadakan lomba. "Ini inisiatif warga, untuk merayakan HUT Kota Malang dan juga sebagai bentuk syukuran karena tim Arema FC berhasil meraih Piala Presiden. pesertanya cukup banyak, mencapai 217 orang," jelas dia.
Terkait Pasar Comboran Timur, pihaknya berharap bisa segera selesai dan masyarakat bisa berjualan dengan tenang dan nyaman. "Sebab, perputaran ekonomi masyarakat terjadi di pasar. Kami terus melakukan perbaikan secara bertahap di beberapa pasar di Kota Malang," kata pria yang akrab disapa Bung Edi itu.(tea/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :