Aksi Perjuangan Hamid Rusdi Ditampilkan di Balaikota


MALANG – Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus besok akan digelar berbeda. Tidak sekadar upacara, aksi sosio drama yang menggambarkan perjuangan pahlawan Hamid Rusdi akan ditampilkan di halaman Balai Kota Malang.
Aksi sosio drama akan digelar usai upacara detik-detik proklamasi.  Kabag Humas Pemkot Malang M. Nur Widianto mengatakan, sosio drama digelar, seiring dengan adanya telegram dari Pangdam V/Brawijaya, Senin (14/8) lalu. Dimana dalam telegram tersebut, tertulis upacara yang digelar oleh pemerintah daerah, wajib disertai dengan sosio drama perjuangan pahlawan lokal.
”Ada Sosio drama perjuangan, dibawakan oleh siswa SMA Katolik Kolese Santo Yusup, bersama anggota TNI, dan masyarakat,’’ kata Wiwit, sapaan akrab Nur Widianto
Sesuai dengan judulnya, dalam sosio drama nanti akan diawali dengan serangan penjajah di bumi Arema. Tentu saja, serangan tersebut tidak didiamkan oleh penduduk pribumi. Mereka tidak rela bumi Arema diinjak-injak oleh penjajah. Sehingga dengan tekat yang sangat bulat, masyarakat kemudian berjuang melawan penjajah.
Peperangan dimenangkan oleh masyarakat pribumi. Penjajah pun terusir, mereka kemudian angkat kaki dari bumi Arema. Kemerdekaan pun diraih saat itu juga.
”Sosio drama yang ditampilkan nanti durasinya 15 menit,’’ ujarnya.
Selain merupakan perintah dari Pangdam V/Brawijaya, Sosio drama ini juga untuk mengenang jasa para pahlawan yang sudah berjuang merebut kemerdekaan. ”Dalam sosio drama ini juga dilengkapi dengan efek-efek suara yang akan menambah seru,’’ urai Wiwit.
Sementara itu, upacara Hari Kemerdekaan ke 72 Republik Indonesia akan digelar mulai pukul 08.30. Tampil sebagai inspektur upacara adalah Wali Kota Malang H Moch Anton. Sementara untuk pasukan pengibar bendera pun juga sudah siap. Petugas pembawa baki dan menerima bendera merah putih adalah Melvina Flores Angelina Arshinta, siswi SMA Negeri 1 Kota Malang. Teks proklamasi, dikatakan Wiwit akan dibacakan oleh unsur pimpinan DPRD Kota Malang.
”Seluruh persiapan sudah oke. Baik petugas pengibar bendera termasuk para pemeran sosio drama semuanya sudah ready,’’ tandasnya.(ira/aim)

Berita Lainnya :