Atap Rumah Melayang, Puluhan Pohon dan Reklame Roboh


MALANG - Dihempas angin monsun, Selasa (22/1) malam hingga Rabu (23/1) pagi,
sejumlah kawasan di Malang Raya porak poranda. Tidur nyenyak warga dan aktivitas pagi hari berubah jadi mencekam. Beragam dampaknya masih terasa hingga kemarin siang. 
Di Kota Malang, pascaangin kencang, tercatat 11 pohon dan sejumlah media reklame ambruk. Tak ada korban jiwa, namun mengganggu aktivitas warga lantaran aliran listrik padam yang juga berdampak pada macetnya aliran air PDAM.
Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang Dr Handi Prayitno menjelaskan,  pihaknya mendapatkan laporan dari 10 kelurahan yang mengalami kejadian pohon tumbang.
 “Kejadian pohon tumbang terjadi di Kelurahan Merjosari, Balearjosari, Pisangcandi, Mojolangu, Samaan, Sawojajar, Bunulrejo, Pandanwangi, Madyopuro, Blimbing hingga Purwodadi,” ungkapnya menurut catatan assessment Pusdalops BPBD Kota Malang.
Pohon yang tumbang pun beragam jenis dan ukuran. Mulai dari berdiametr 15 cm sampai 50 cm. Jenisnya Pohon Sengon Laut, Pohon Kecrutan, Pohon Ceri, Pohon Lamtoro, Pohon Kenari, Pohon Akasia hingga Pohon Waru. 
Meski begitu pihaknya tidak dapat membeberkan kerugian material yang terjadi akibat kejadian ini. Pasalnya hingga berita diturunkan, BPBD Kota Malang masih melakukan assessment.
Handi mengimbau warga waspada diri. Sebab beberapa hari kedepan cuaca Kota Malang masih berpotensi hujan lebat disertai angin kencang. “Kami juga senantiasa berkoordinasi dengan dinas lain hingga relawan dan PMI juga warga sekitar,” tegasnya.
Dampak lain akibat angin kencang yakni  aliran listrik di Kota Malang padam di 20 kawasan.
Manajer Area PLN Malang, Joice Lanny Wantania menyatakan gangguan aliran listrik akibat pohon tumbang menimpa jaringan kabel PLN hingga putus. Apalagi ada juga tiang listrik yang patah dan rusak.
“Kabel putus, tiang patah, baliho dan spanduk terbang  nyangkut di jaringan mengganggu aliran listrik. Saya sampai bingung, tak hafal lagi berapa titik padam,” ungkap Joice saat dikonfirmasi Malang Post.

Berita Lainnya :