Awas Kemacetan Aru Lalu Lintas di Tengah Kota

 
MALANG - Warga Kota Malang akan disuguhkan hiburan menarik berupa Pawai Kendaraan Hias pada Minggu (27/8) besok. Bagi warga yang hendak menonton, pawai ini akan dipusatkan di kawasan bundaran Tugu. Bagi pengendara kendaraan sebaiknya hindari beberapa titik kawasan agar tidak terhindar macet.
Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang mengimbau warga yang tidak berkepentingan tidak melewati kawasan bundaran tugu sampai ke Jalan Ijen.  Hal ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Penertiban (Daltrib) Dishub Kota Malang, Gamaliel Raymond H. Matondang. Ia menyampaikan, pihaknya tidak akan menutup arus atau melakukan pengalihan arus. 
Meski begitu, hal yang dilakukan Dishub nantinya adalah menggunakan sistem buka tutup jalur. Pasalnya, kegiatan ini merupakan pawai yang konsentrasi kepadatannya akan berpindah-pindah.
“Kami pakai sistem buka tutup saja. Ini nanti dilakukan di kawasan sesuai jalur pawai,” ungkap pria yang akrab disapa Raymond kepada Malang Post.
Pawai yang dijadwalkan berlangsung sejak pukul 09.00 WIB tersebut dipastikan akan menemui kepadatan besar di kawasan Jalan Ijen. Pasalnya di hari yang sama juga, di kawasan Ijen akan terdapat kegiatan Car Free Day.
Meski begitu, pihaknya tetap akan mengkondisikan jalur di kawasan ini. Setelah CFD selesai, peserta yang berada di kawasan disegerakan untuk membubarkan diri agar jalannya pawai bisa berjalan. 
"Begitu CFD selesai, kami harap peserta langsung membubarkan diri. Sehingga bisa diercepat lagi kegiatan pawainya," tandasnya. 
Ia kemudian menerangkan, pengguna jalan bisa menggunakan beberapa jalur alternatif dan menghindari kawasan Balaikota Malang menuju Jalan Ijen agar tidak terkena macet. Seperti mengakses Jalan Kawi, Sumbersari, Soekarno-Hatta dan sekitarnya. 
Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni secara rinci menyebutkan rute pawai dalam gelaran peringatan HUT ke 72 RI tersebut dimulai dari kawasan Bundaran Tugu, Jalan Kahuripan menuju kawasan Jalan Semeru dan finish di Museum Brawijaya, Jalan Ijen. 
"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Kepolisian untuk memperlancar arus lalu lintas yang dilewati pawai," tandasnya. (ica/aim)

Berita Lainnya :