Awasi Fungsi Anggaran untuk Rakyat



MALANG - DPRD Kota Malang all out memperjuangkan anggaran untuk kepentingan publik sesuai skala prioritas dan kebutuhan warga. Namun demikian para wakil rakyat itu ekstra hati-hati dengan mengacu pada ketentuan hukum.
“Salah satu komitmen nyata dewan untuk rakyat yakni memperjuangkan anggaran untuk program-program yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat. Karena prinsipnya ingin mengatasi persoalan masyarakat,” kata Hakim.
Ia lantas mencontohkan anggaran di bidang kesehatan,  pendidikan dan  kesejahteraan serta infrastruktur  sangat penting. Sebab berbagai sektor tersebut berkaitan langsung dengan warga di kota pendidikan ini.
“Karena itulah pengawasannya sangat ketat. Sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh warga dari semua kalangan,” katanya.
Selama pelaksanaan program-program tersebut kata Hakim, harus selalu dievaluasi. Termasuk penggunaan anggarannya. Ia bahkan menegaskan, prinsip kehati-hatian sangat diutamakan. “Karena kadang muncul peraturan perundangan yang baru yang harus disesuaikan,” jelas wakil rakyat dari daerah pemilihan Blimbing ini.
Jika terjadi beda tafsir, lanjut Hakim, akan dikonsultasikan ke Pemprov Jatim hingga Kementerian Dalam Negeri. Konsultasi pun dilakukan secara bersama-sama antara legislatif dan eksekutif.
“Konsultasi itu sangat penting. Sehingga tak terjadi persoalan dikemudian hari. Karena kami tak menginginkan adanya persoalan dalam penggunaan anggaran. Prinsipnya semua harus clear dan sesuai aturan,” paparnya.
Pengawasan anggaran program pembangunan dilakukan oleh semua komisi di dewan sesuai tugas pokok dan fungsi. Komisi harus  melakukan pengawasan kepada OPD di Pemkot Malang dalam  penggunaan anggaran pembangunan.  (van/mp)

Berita Lainnya :