Awasi Jukir di Tempat Usaha Bebas Parkir


MALANG - Masih ada saja juru parkir (jukir) beroperasi di tempat usaha yang menggratiskan parkir. Padahal sudah nyata-nyata terpasang pengumuman bebas parkir lengkap dengan logo Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang.
Pantauan Malang Post, paling mencolok pada toko modern di kompleks ruko kawasan Jalan Dewandaru. Di ruko kawasan ini, letak antara Indomaret dan Alfatmart berdekatan. Di Alfmart menggratiskan parkir tanpa ada jukir. Sementara di Indomaret menggratiskan parkir tapi tetap saja ada jukir yang beroperasi.
Salah satu lokasi bebas parkir yang konsisten terletak di Waroeng Bebek Doeloer. Tak ada jukir memungut uang parkir di warung makan yang terletak di Jalan Danau Bratan tersebut lantaran terdapat tulisan bebas parkir berlogo Dishub dan Pemkot Malang. Namun demikian tetap ada petugas yang dikerahkan untuk menata dan mengamankan kendaraan.  
Kasi Pendataan Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Hary Dwi mengungkapkan sebelum menetapkan kawasan bebas parkir, pihaknya melakukan survei terlebih dahulu. "Kami melalui pengawas di lapangan melakukan survei. Tujuannya untuk melihat potensi parkir setelah membawa persyaratan yang telah kami tentukan," terangnya kepada Malang Post.
Sebelumnya lanjut dia, Dishub Kota Malang sudah melakukan perjanjian dengan para pengusaha yang menanggung pembayaran retribusi parkir kepada Pemkot Malang. Selain itu dilakukan penentuan jumlah retribusi yang harus disetorkan.
"Kemampuan pembayaran oleh pengusaha atau pemilik tempat usaha ke Pemkot Malang melalui kami tanpa membebani konsumen dengan biaya parkir dan dengan petugas parkir," papar dia.

Berita Lainnya :