Bedah Dua Rumah Pejuang 1945

 
MALANG - Kesetiaan dan kedekatan TNI bersama rakyat dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. TNI tetap pada komitmen yang kukuh pada kesatuan nasional yang menunggal dengan rakyat. Dan terus bertanggung jawab mengawal dan mengisi kemedekaan dengan pembangunan untuk mencapai tujuan nasional. 
Hal itupula yang dilakukan Kodim 0833 Kota Malang. Bersama rakyat ikut mengawal pembangunan di Kota Malang. Satuan yang dipimpin Dandim 0833 Kota Malang Letkol Inf Nurul Yakin MA ini ikut berperan dalam menjaga kondusifitas Kota Malang, mulai dari pengamanan, komunikasi antar masyarakat sampai turut serta dalam menjaga identitas budaya Kota Malang.
Salah satunya dalam event Kirab Apresiasi Atlet Sea Games yang baru kali pertama digelar. Kirab atlet ini dilaksanakan sebagai bentuk kecintaan Kodim 0833 Kota Malang terhadap masyarakatnya.
“Itu salah satu kegiatan inisiasi Danrem yang kita lakukan bagi warga Kota Malang. Atlet kita pantas mendapatkan apresiasi sebesar itu. Dan ternyata antusiasme warga pun besar terbukti dari banyaknya komponen masyarakat yang ikut serta,” kata Dandim 0833 Kota Malang Letkol Inf Nurul Yakin kepada Malang Post, Rabu (4/10) kemarin.
Selain kirab apresiasi, Kodim 0833 Kota Malang juga  berperan besar dalam kelancaran pelaksanaan kegiatan lomba seni Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif pada September lalu. Kegiatan yang sukses memberikan ruang bagi siswa-siswi tingkat SMA se Jatim dalam menampilkan seni tari dan puisi ini mendapat apresiasi besar dari warga.
Komsos kreatif tersebut, lanjut Nurul merupakan kegiatan manunggal yang mengedepankan perkembangan generasi muda dan budaya seni.
“Kami selalu mengedepankan kegiatan pengembangan bakat dan kreativitas generasi muda. Kegiatan yang melibatkan muda-mudi terus digencarkan,” ungkapnya.
Di HUT ke-72 TNI, Kodim 0833 Kota Malang akan menggelar puncak HUT ke 72 TNI di Lapangan Rampal hari ini.  Salah satunya pameran alutsista dengan menampilkan empat buah panser Anoa milik Batalyon Infantri 512. Panser Anoa tersebut dapat dinikmati warga yang ingin melihat atau pun menaikinya.
“Karena konsep kami mengenalkan satuan kita dan mempererat hubungan dengan masyrakat. Jadi panser-panser ini akan dijalankan mengelilingi lapangan Rampal, boleh foto boleh ikut naik juga biar mengetahui rasanya langsung,” terangnya.
Pihaknya juga akan secara simbolis menyerahkan dua rumah yang sudah direnovasi kepada dua pejuang veteran tahun 45. Selain itu ada juga penghargaan dan apresiasi bagi 19 warga dari beberapa kalangan yang selama ini selalu membantu dan menjadi mitra Kodim 0833 Kota Malang. 
“Hari Minggu kami akan memimpin Go Wes 72. Kontingen Malang yang jumlahnya sekitar 770 orang akan go wes sampai Alun-alun Trowulan di Mojokerto. Kami ajak komunitas dan warga yang hendak ikut di rangkaian puncak HUT TNI ini juga,” tandasnya.
Ia menegaskan tugas manunggal bersama rakyat yang dijalankan Kodm 0833 Kota Malang tetap mengedepankan kesejahteraan masyarakat. Komunikasi dengan segala komponen mulai jajaran pimpinan daerah, kaum muda-mudi, komunitas, tokoh agama, tokoh masyrakat menjadi kegiatan yang rutin. (ica/aim) 

Berita Lainnya :