Bergerak Dalam Harmoni, APBD 2019 Untuk Kota Malang Bermartabat


MALANG - Bagi Kota Malang, tahun2019 menjadi tahun harmonisasi dalam gerak. Karena harmonisasi atau kebersamaan itu yang menjadi modal sekaligus senergi, dan ciri khas kota Malang dengan salam satu jiwanya. Dari harmoni gerak itu pula yang menjadi hantaran untuk mewujudkan Kota Malang yang Bermartabat.
APBD Kota Malang 2019 ini sebesar Rp 2,2 triliun. Porsi APBD 2019 ini dikatakan Wali Kota Malang H. Sutiaji sudah cukup ideal. Porsi anggaran pembangunan akan ditingkatkan. Hal ini menyusul berbagai rencana pembangun, khsususnya bidang infrastruktur yang hendak dicapai.
"Pemerhati seringkali menyampaikan tahun 2019 merupakan tahun politik. Karena memang di Tahun 2019 ada  dua agenda politik, yakni pemilihan presiden-wakil presiden serta pemilihan Legislatif. Tapi program pembangunan akan jalan terus sesuai dengan perencanaan yang kami buat, ” kata Wali Kota Malang Sutiaji.
Menurutnya, fokus pembangunan Pemkot Malang banyak di bidang infrastruktur. Bagaimana membuat dan merencanakan anggaran sesuai dengan rencana tersebut khususnya mengentaskan permasalahan banjir dan macet.
Untuk porsi anggaran ideal ini, juga dapat dilihat dari jumlah anggaran belanja tidak langsung dibandingkan dengan belanja langsungnya. Dimana belanja langsung lebih banyak dibandingkan belanja pegawai alias belanja tidak langsung.  Belanja langsung mencapai Rp 1,2 triliun, sedangkan belanja tidak langsung sebanyak Rp 935 miliar.
“Selain membangun infrastruktur untuk solusi macet dan banjir, kami juga punya misi menjadikan Kota Malang menjadi kota kreatif, kota heritage dan halal. Banyak program yang akan dilakukan juga membutuhkan banyak biaya,” tegas Sutiaji.
Dijelaskannya, jika transparansi anggaran akan diutamakan. Warga Kota Malang akan diberikan banyak kesempatan memonitoring penggunaan anggaran ini, dengan publikasi dari berbagai bentuk.
Hal ini juga memberikan ruang agar kondusifitas terjaga di Kota Malang, khususnya di tahun politik ini. Menurut Sutiaji tahun politik menjadi momen baik untuk memulai pembangunan lebih terarah, dimulai dari transparasi anggaran ini.
“Program tentu saja kita sesuaikan dengan apa yang dibutuhkan masyarakat sebenarnya. Dan apa yang sudah dianggarkan ini memang terkandung dalam visi misi dan janji politik saya sebelumnya. Tahun ini kita jalan bersama semua sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat juga,” tegasnya.
Untuk kegiatan fisik dan non fisik yang akan diakomodir di 2019 dari hasil Musrenbang, sebanyak 1.431 kegiatan. Kegiatan fisik ada 994 kegiatan dan non fisik ada 437 kegiatan. Besaran anggaran bidang infrastruktur mencapai  Rp 224,9 miliar.
“Kami (Sutiaji dan Edi, red) bersama Pemkot Malang ada, karena Anda (segenap warga Kota Malang). Ayo maju bersama untuk Kota Malang,” ungkapnya. (ica/aim/*/hms)

Berita Terkait

Berita Lainnya :