Bukan Sekadar Terminal Bongkar Muat


MALANG - Pembahasan Terminal Kargo semakin tajam dan detail. Terminal Kargo di Malang diharapkan tidak hanya sekadar terminal perhentian untuk kendaraan yang hendak bongkar muat saja. Akan tetapi dapat berfungsi lebih daripada itu.
Konsep Terminal Kargo ini terungkap dalam Diskusi “Pembangunan Terminal Kargo untuk Mengatasi Kemacetan Malang Raya” yang diselenggarakan Malang Post Rabu lalu. Pandangan mendalam tentang terminal ini dikeluarkan Founder JTV (Jawa Pos Group) Imawan Mashuri saat ikut dalam diskusi di Hall Utama Graha Malang Post.
“Terminal kargo ini nantinya jangan hanya sebuah terminal kargo saja. Akan tetapi jadi pusat stok atau distribusi barang yang massif,” ungkap Imawan saat menanggapi potensi apa saja yang dapat diberikan dengan adanya Terminak Kargo berdiri di Malang.
Pria yang juga salah seorang pendiri Malang Post ini melanjutkan, dengan adanya Terminal Kargo tentu saja tiga daerah bersatu untuk sama-sama mengelola secara teknis. Tidak hanya mengelola juga mengatur pola-pola distribusi yang datang dari banyak daerah nantinya. Ketika hanya digunakan sebagai bongkar muat saja, maka fungsi terminal ini akan menjadi kurang maksimal.
“Jadi perlu ditemukan pola dari integrasi fungsi terminal. Bisa jadi sebuah pusat stok di sana nanti segala urusan distribusi sampai pengolahan bisa ditempatkan di sana. Kalau bisa juga urusan percukaian masuk di sana dan sebagainya,” tegasnya.
Sehingga hal ini akan mengcut banyak birokrasi yang selama ini dijalankan. Adanya terminal kargo, menurutnya menjadi peluang besar sistem distribusi dan roda perekonomian di Malang dapat berubah lebih maju.
Ia juga menyampaikan jika Terminal Kargo dapat menjadi tempat penyimpanan stok barang yang dapat disimpan terlebih dahulu. Sehingga Cold Storage dapat ditempatkan di terminal dan dapat dipakai bersama-sama oleh distributor manapun, yang memang membutuhkan jasa penyimpanan sementara sebelum didistribusikan.
Pandangan ini sebelumnya juga didukung oleh pengamat Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang Setyo Wahyu SE, ME., yang menyatakan tentang keberadaan Terminal Kargo di Malang akan memberikan kesempatan emas bagi Malang menjadi Centre of Trade-nya Jatim.

Berita Terkait

Berita Lainnya :