Disbudpar dan Disperkim Akan Dilikuidasi


MALANG – Pemerintah Kota Malang bakal merombak Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Beberapa dinas dinilai bisa dilebur dan digabungkan dengan dinas lain yang serupa. Hal ini ditegaskan oleh Sekkota Malang, Wasto saat memaparkan soal pembahasan pembacaan pendapat Fraksi dalam sidang paripurna DPRD Kota Malang.
Menurutnya, perampingan OPD adalah upaya memangkas anggaran belanja tak langsung. Dia menyebut rencana tersebut sudah digodok dan dimatangkan. Dia tak menampik bahwa akan ada pengurangan jabatan struktural di tubuh OPD Kota Malang.
“Karena itu, sekarang banyak jabatan kosong yang tak terisi di dinas-dinas,” ujar Wasto kepada Malang Post, kemarin.
Dijelaskannya, pos-pos yang kosong setingkat bidang maupun seksi bakal dilebur ke dinas yang terkait. Dia merinci Disperkim bakal dibubarkan dan dilebur ke dua dinas. Fungsi pertamanan, bakal diserahkan kepada Dinas Lingkungan Hidup. Sedangkan, fungsi permukiman dan perumahan, langsung dijadikan satu dengan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang.
Tak hanya itu, kabarnya tiga dinas, yaitu Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perdagangan serta Dinas Perindustrian, bakal dilebur menjadi satu dinas. Untuk Dinas Sosial, bakal digabungkan dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB).
“Dinas Pendidikan digabung dengan bidang Kebudayaan, sementara, pariwisata bakal dimasukkan dalam tupoksi Dinas Kepemudaan dan Olahraga,” sambung Wasto.
Perampingan ini dipastikan bakal membawa dampak pada sentralisasi kekuasaan dan anggaran di tubuh pemerintah Kota Malang.

Berita Terkait

Berita Lainnya :